*Angkut Bawang dan Cabe Kering dari Malaysia

Dit Polair Mabes Polri Amankan KM Mega 1 GT 33

Dibaca: 1727 kali  Selasa,24 Maret 2015 | 08:59:00 WIB

Dit Polair Mabes Polri Amankan KM Mega 1 GT 33
Ket Foto : KM Mega 1 GT 33 saat sandar di Pos sandar Pos Polair Selatpanjang

SELATPANJANG - Patroli Direktorat Polisi Air Mabes Polri telah mengamankan satu unit Kapal dengan nama KM Mega 1 GT 33 di perairan Tanjung Kongkong Desa Bantar, Kecamatan Rangsang Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti, Minggu (22/3) malam lalu, Kapal diduga mengangkut barang tanpa sertifikat kesehatan.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Kepulauan Meranti, AKP Antoni Lumban Gaol SH MH, saat dikonfirmasi merantionline.com, Selasa (24/3) sore mengungkapkan, perkara itu telah dilimpahkan Dit Polair Mabes Polri kepada Satuan Reskrim Polres Kepulauan Meranti untuk dilakukan proses sidik lebih lanjut.

Dijelaskannya, berdasarkan Laporan Polisi Nomor 130/III/2015/Dit Polair tanggal 23 Maret 2015, KM Mega 1 ditangkap saat mengangkut dan membawa muatan bawang merah, cabe merah kering dan 2 dus daging sapi dari Malaysia. Dimana ketika dilakukan pemeriksaan, barang yang dibawa itu tidak dilengkapi sertifikat kesehatan.

"Itu sebagaimana dimaksud dalam rumusan Pasal 5 jo Pasal 25 jo Pasal 31 ayat (1) UU RI Nomor 16 Tahun 1992 tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan," ungkapnya.

Adapun kronologis penangkapan, kata Kasat, pada hari Minggu 22 Maret 2015 jam 21.00 Wib, sewaktu perahu karet KP Kedidi-3015 dari Dit Polair Mabes Polri melakukan patroli rutin di perairan Tanjung Kongkong Desa Bantar, menjumpai 1 unit kapal yang sedang berlayar mengangkut sejumlah barang asal Malaysia.

"Kapal bersama barang bukti yang dibawa, saat ini telah diamankan di Pos sandar Polair Selatpanjang," kata Kasat.

Pelaku yang saat ini diamankan dan menjalani pemeriksaan, ungkapnya, antara lain bernama Julpanelis kelahiran Teluk Kuantan 5 Agustus 1967 yang merupakan Nakhoda atau Kapten Kapal, yang beralamat di Jalan Tanjung Harapan RT003/RW001 Kelurahan Selatpanjang Kota.

Kemudian satu orang ABK bernama Erwan kelahiran Selatpanjang 14 April 1978, yang beralamat di Jalan Insit Gang Pelajar RT002/RW001 Desa Alai, Kecamatan Tebingtinggi Barat.

Kasat Reskrim juga menerangkan bahwa pihaknya telah menerima pelimpahan perkara dari Dit Polair Mabes Polri, membuat Surat penitipan barang bukti ke Pos Sandar Polair Selatpanjang Polres Kepulauan Meranti serta melakukan pemeriksaan terhadap Nakhoda atau Kapten Kapal dan ABK KM Mega 1.

"Sedangkan barang bukti yang diamankan, yakni 1 unit Kapal merk KM Mega 1, Satu bundel dokumen Kapal, 90 karung yang masing-masing berisi 8 kilogram bawang merah, 50 karung yang masing-masing berisi 7 kilogram cabe merah kering dan 2 dus yang masing-masing berisi 18 kilogram daging sapi," rincinya.

Salah seorang ABK KM Mega 1 yang tidak ingin namanya disebutkan, ketika ditemui merantionline.com mengatakan, saat ditangkap kapal itu berlayar dari Batu Pahat, Malaysia menuju Selatpanjang. Pemilik Kapal bernama Abun dan pemilik barang bernama Abak. (sus)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com