Warga Banglas Antusias Cermati Visi dan Misi Calon Kades

Dibaca: 6168 kali  Sabtu,28 Maret 2015 | 06:48:00 WIB

Warga Banglas Antusias Cermati Visi dan Misi Calon Kades
Ket Foto : Moderator Haji Aljufri saat menyampaikan pertanyaan kepada salah satu calon Kepala Desa Banglas

SELATPANJANG - Agenda penyampaian Visi dan Misi Calon Kepala Desa Banglas, Kecamatan Tebingtinggi, Jumat (27/3) malam, mendapat perhatian yang antusias oleh ratusan warga Desa Banglas. Meski serius mencermati Visi dan Misi yang disampaikan, sesekali warga juga tertawa dengan candaan moderator acara, Haji Aljufri.

Ketua Panitia Pilkades Banglas, Junaidi, dalam sambutannya mengatakan, agenda penyampaian Visi dan Misi Calon Kepala Desa itu sangat penting dalam rangka memperkenalkan Calon Kades kepada masyarakat, termasuk untuk mengetahui kualitas masing-masing Calon yang telah mendaftarkan diri.

"Kami juga mohon doa dan dukungan masyarakat, khususnya masyarakat Desa Banglas untuk kelancaran tahapan Pilkades ini," ucapnya, sambil memperkenalkan delapan orang anggota Panitia Pilkades Banglas lainnya.

Pantauan merantionline.com, acara ini menjadi perhatian ratusan warga Desa Banglas, bahkan ratusan warga lainnya tidak tertampung di tenda besar yang disediakan Panitia, sebagiannya rela berdiri di badan Jalan depan Kantor Kepala Desa Banglas.

Meski terlihat agak tegang, namun kelima Calon Kepala Desa Banglas berhasil dengan lancar menyampaikan Visi dan Misi mereka dihadapan masyarakat secara berurutan, yakni Calon Nomor Urut 1, Muhamad, Nomor Urut 2, Zulkifli, Nomor Urut 3, Andi Kurniawan, Nomor Urut 4, Abdul Zaid dan Nomor Urut 5, Samsurizal SH.

Sebelum penyampaian Visi dan Misi serta mengajukan sejumlah pertanyaan, moderator Haji Aljufri menyampaikan aturan yang ditetapkan saat acara tersebut. Para Calon Kades diminta mematuhi jatah waktu yang diberikan dalam menjawab sejumlah pertanyaan untuk menggali tingkat pengetahuan dan wawasan mereka.

Sejumlah pertanyaan yang diajukan moderator yakni tentang motivasi mencalonkan diri, tentang potensi kearifan lokal ekonomi yang belum tergali di Desa Banglas, program yang menjadi prioritas Calon Kades, pandangan dan upaya pencegahan penyalahgunaan narkotika, serta sejumlah pertanyaan yang lebih spesifik lainnya.

Dalam kesempatan itu, Sekretaris BPMPD Kepulauan Meranti, Husni Gamal SPdi juga diberikan kesempatan dengan pertanyaan seputar strategi para Calon Kades dalam meningkatkan perolehan anggaran untuk membangun desa, serta cara meyakinkan warga desa terhadap sistem pengelolaan keuangan desa yang baik.

Untuk menjaga kondusifitas acara dan menghemat waktu, moderator yang juga Wakil Ketua Panitia sengaja menghapus dua tertib acara yang direncanakan sebelumnya, yakni pertanyaan antar Calon Kepala Desa serta pertanyaan dari masyarakat terhadap masing-masing Calon Kepala Desa. (sus)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com