*Bupati Buka MTQ Kecamatan Rangsang Pesisir

Peningkatan Infrastruktur Picu Kesejahteraan Masyarakat

Dibaca: 980 kali  Senin,30 Maret 2015 | 09:54:00 WIB

Peningkatan Infrastruktur Picu Kesejahteraan Masyarakat
Ket Foto : Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, bersama pejabat lainnya saat menekan tombol sirine pembukaan MTQ Rangsang Pesisir

RANGSANG PESISIR - Seiring meningkatnya kualitas dan kuantitas infrastruktur diyakini dapat memicu peningkatan kesejahteraan masyarakat. Sektor usaha perekonomian yang sebelumnya terkendala infrastruktur akan berjalan lebih baik lagi kedepannya.

Hal itu diungkapkan Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, saat membuka acara MTQ Ke-3 tingkat Kecamatan Rangsang Pesisir, di Desa Kayu Ara, Minggu (29/3) malam. Pembukaan ditandai dengan penekanan tombol sirene dan pengibaran bendera LPTQ Kecamatan.

"Sejalan peningkatan infrasruktur akan terjadi peningkatan kualitas SDM, anak-anak dapat belajar baik, pendapatan masyarakat tumbuh, industri rumah tangga meningkat dan investor semakin banyak. Ini akan berdampak pada menurunnya angka pengangguran dan kemiskinan, kemakmuran akan semakin meningkat," jelas Bupati Irwan.

Pada kesempatan itu, Bupati mengapresiasi MTQ tingkat Kecamatan Rangsang Pesisir, MTQ Kecamatan ini yang pertama kali dilaksanakan di Tahun 2015. Menurutnya, MTQ kali ini berjalan lancar dan meningkat dari tahun sebelumnya.

"Perkembangan dari sisi kualitas dan persiapan. Dan yang terpenting tingkat keikutsertaan Qori dan Qori'ah masing-masing desa. Ini membuktikan desa-desa di Kecamatan Rangsang Pesisir semakin maju yang diiringi dengan semakin majunya masyarakat," ujarnya.

Kemajuan itu, kata Bupati, tidak terlepas dari komitmen Pemda Kepulauan Meranti dalam melengkapi fasilitas infrastruktur tiap tahunnya. "Kita berkomitmen terus meningkatkan fasilitas infrastruktur tanpa terkecuali, seperti listrik saat ini bukan lagi listrik desa tapi sudah PLN, hidup jam 6 petang sampai 6 pagi," ucap Bupati yang diiringi tepuk tangan warga.

Saat ini, ungkapnya, Pemda bersama PLN sedang mengupayakan semua desa di Pulau Rangsang bisa menikmati layanan listrik 24 jam. "Semoga lancar dan tidak ada kendala dan dalam waktu yang tidak terlalu lama akan kita wujudkan," ujar Bupati.

Namun menurut Bupati, pembangunan fisik tak lengkap jika tidak diiringi dengan pembangunan manusia yang juga perlu dipacu dan digesa. Meranti berada di daerah perbatasan yang sangat rawan Kamtibmas, terlebih pengaruh narkoba dari luar negeri. Terbukti saat penggerebekan rumah yang dilakukan aparat kepolisian berhasil menangkap mulai pemakai, pengedar sampai bandar narkoba.

"Ini ancaman bagi Kabupaten Kepulauan Meranti, mudah-mudahan dengan memahami Al-Qur'an mampu membentengi diri untuk berbuat baik sesuai dengan ajaran yang terkandung," ucap Bupati Irwan.

Jika saat ini masih dalam tahap membaca Al-Qur'an dengan indah, harapnya kedepan apa yang dibaca dapat diaplikasikan arti dan maknanya, sehingga masyarakat bukan hanya menikmati keindahan tapi mampu memberikan kesejukan dan kenyamanan.

"Mari kita bedah arti dan isi Al-Qur'an serta sosialisasikan, menuju masyarakat yang Qurani, mendapat predikat manusia beraklakulkarimah," jelasnya.

Pada kesempatan itu Bupati mengucapkan selamat berloma kepada Qori dan Qoriah semoga Kecamatan Rangsang Pesisir mampu menyumbangkan Qori terbaiknya untuk mengantarkan Kabupaten Kepulauan Meranti meraih peringkat I pada ajang MTQ Tingkat Provinsi Riau mendatang.

"Ini perlu dilakukan karena MTQ tahun lalu Kepulauan Meranti sudah meraih juara 2, jika perlu tahun ini jadi juara 1 perlu dari desa-desa menyumbangkan Qori terbaiknya," ujar Bupati Irwan lagi. (rilis humas setda meranti)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com