*Ditinjau oleh Bupati

BPMPPT Meranti Upayakan Sertifikat ISO 9001 Bidang Pelayanan Mutu

Dibaca: 1111 kali  Rabu,01 April 2015 | 05:30:00 WIB

BPMPPT Meranti Upayakan Sertifikat ISO 9001 Bidang Pelayanan Mutu
Ket Foto : Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, menerima penjelasan Kepala BPMPPT, Hendra Putra SIp MSi tentang sarana dan prasarana kantor untuk melayani

SELATPANJANG - Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMPPT), tengah mengupayakan Sertifikat ISO 9001 Bidang Pelayanan Mutu, untuk mewujudkannya BPMPPT terus berinovasi baik di bagian administrasi hingga sarana dan prasarana pelayanan yang ada.

Dalam rangka memberikan layanan berstandar internasional, BPMPPT Kepulauan Meranti sedang menjalani Audit untuk mendapatkan sertifikat ISO 9001 tentang pelayanan mutu.

"Jika itu terwujud maka akan mampu menjadi sebuah daya tarik baru bagi pengusaha untuk berinvestasi di Kabupaten Kepulauan Meranti," ujar Bupati, Drs H Irwan MSi, menyikapi Audit Tim ISO 9001 di Kantor BPMPPT Kabupaten Kepulauan Meranti.

Disamping meningkatkan pelayanan, ditegaskan Bupati juga harus didukung dengan infrastruktur yang representatif, untuk itu secara bertahap Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMPPT) terus berinovasi dan berkreasi untuk menyesuaikan target pelayanan dengan infrastruktur yang ada.

Sejauh ini seperti dijelaskan Kepala BPMPPT Kabupaten Kepulauan Meranti, Hendra Putra SIp MSi, bahwa instansi yang dipimpinnya telah kedatangan tim Auditor sebanyak 2 orang yakni perwakilan Provinsi Riau dan dari Surabaya.

"Setelah melakukan Audit mereka menyatakan puas, langkah penataan dan pelayanan yang sudah kita lakukan telah mengarah kepada standar internasional," ungkapnya.

Salah satunya dengan Motto yang diterapkan BPMPPT Kabupaten Kepulauan Meranti, yakni Siap melayani dengan sepenuh hati dan diimbangi dengan komitmen bersama membudayakan Tegur, Sapa dan Senyum.

Penilaian itu, dijelaskan Hendra, meliputi Administratif, Dasar Hukum dan Inovasi yang dituangkan dalam keputusan Kepala Badan termasuk juga Manajemen Mutu, Standar Mutu. "Intinya bagaimana kita menyiapkan sarana dan prasarama yang ada," paparnya.

Seperti diketahui, guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat BPMPPT Kabupaten Kepulauan Meranti telah menyiapkan mobil pelayanan keliling dan ruang pelayanan yang didesain semenarik mungkin serta dilengkapi CCTV.

"Bagi staf yang bertugas di bagian pelayanan diberikan seragam khusus dan dibagian luar gedung telah dirancang taman yang cukup menarik untuk menambah keindahan dan kesejukan kantor pelayanan ini," tambahnya.

Selain itu, BPMPPT juga akan membentuk cabang ditiap Kecamatan, dimana kewenangan yang selama ini diberikan Bupati kepada BPMPPT sebagiannya akan dilimpahkan ke Pemerintah Kecamatan.

"Pemda Kepulauan Meranti melalui Bagian Tapem telah mempersiapkan segala sesuatunya, saat ini di Kecamatan percontohan tengah disiapkan sarana fisik dan SDM-nya," ujar Hendra.

Intinya, kata Hendra, BPMPPT sangat mendukung kebijakan pelimpahan kewenangan ini kepada pihak Kecamatan, dalam rangka mendekatkan layanan kepada masyarakat. "Agar masyarakat merasa nyaman dan mendapat pelayanan prima," ucapnya.

Menyangkut item yang dilimpahkan ke Kecamatan seperti dijelaskan Kabag Tata Pemerintahan, Haji Yulizar, akan dimulai dengan 3 Kecamatan, yakni Kecamatan Rangsang, Tebingtinggi dan Merbau.

"Kita telah melakukan persiapan, salah satunya sarana dan prasarana serta SDM, tahun ini kita akan sinergikan keduannya dalam rangka memberikan pelayanan terbaik," paparnya.

Sementara ini mengenai item pelayanan yang akan dilimpahkan kepada Pemerintah Kecamatan belum dapat dijelaskan karena masih menunggu finalisasi yang sedang dibahas bersama Bupati. (rilis humas setda meranti)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com