Bupati Meranti Pimpin Kampanye Kebersihan Lingkungan

Dibaca: 2056 kali  Kamis,02 April 2015 | 03:34:00 WIB

Bupati Meranti Pimpin Kampanye Kebersihan Lingkungan
Ket Foto : Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, memimpin langsung kegiatan pembersihan sampah di selokan

SELATPANJANG - Menumbuhkan budaya bersih ditengah masyarakat bukan perkara gampang, apalagi masyarakat sudah terbiasa menyerahkan masalah kebersihan kepada Pemerintah, untuk mengembalikan kesadaran itu Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, langsung turun tangan mengkampanyekannya. Kamis (2/4).

Kegiatan itu juga diikuti Wakil Ketua DPRD, Muzamil, Kadis Pasar, Kebersihan dan Pertamanan, Joko Surianto Selamat SH MM, Kabag Humas, Ery Suhairi, Camat Tebingtinggi, Drs Asrorudin, Kapolsek Tebingtinggi, AKP Ade Rukmayadi SH, Lurah Selatpanjang Barat, Juwita Ratna Sari dan Lurah Selatpanjang Selatan, H Karim.



Ratusan personil pendukung yang terdiri unsur TNI, Polres, Polsek, Satpol PP, Pemadam Kebakaran, Ormas Pemuda Pancasila, LAMR dan lainnya terlebih dahulu menggelar apel singkat yang dilanjutkan dengan penyisiran area pertokoan di jalan Ahmad Yani hingga Imam Bonjol Selatpanjang.

Selokan dan gorong-gorong depan toko, menjadi fokus utama rombongan karena jika dibiarkan bersampah akan memicu banjir, bau busuk dan mengganggu keindahan kota.

"Ini adalah upaya kita mempelopori kebersihan lingkungan ditengah masyarakat, kita berharap gerakan awal ini dapat memberikan motivasi kepada masyarakat untuk kembali menggiatkan gotong royong," ujar Bupati Irwan.

Bupati berharap, pemikiran masyarakat yang saat ini mengandalkan pemerintah untuk menjaga kebersihan lingkungan, bisa berubah dengan menyadari bahwa kebersihan merupakan tanggungjawab bersama.

"Mari semua elemen masyarakat turut berkontribusi meningkatkan kebersihan lingkungan, jika kota bersih masyarakat akan sehat dan kesejahteraan meningkat," ajak Bupati.



Pada kesempatan itu, Bupati langsung turun tangan mengangkat sampah-sampah yang menyumbat selokan di depan pertokoan sepanjang jalan Ahmad Yani dan Imam Bonjol. Masyarakat sekitarpun tampak tak tinggal diam dengan turut bersama Bupati membersihkan selokannya.

Disela kegiatan itu, Bupati juga berinteraksi dengan pemilik toko, kedai kopi dan pihak Bank yang beroperasi di sekitar lokasi. Bupati berharap apa yang dikampanyekan tidak menjadi kesadaran sesaat tapi berkelanjutan dan dapat diikuti oleh semua elemen masyarakat tanpa kerkecuali.

Bupati menegaskan kebersihan lingkungan merupakan tanggungjawab bersama rumah tangga keluarga dilingkungan masing-masing, untuk itu ia mengingatkan kepada masyarakat tidak membuang sampah sembarangan, membersihkan got sehingga bau busuk hilang, saluran air lancar sekaligus mengantisipasi banjir.

"Mari buat kota kita menjadi bersih dan nyaman," ajak Bupati Irwan.



Kedepan untuk menjamin Kabupaten Kepulauan Meranti bebas dari sampah, Bupati akan menerbitkan Perda Kebersihan, Perda ini mengatur setiap masyarakat untuk turut serta menjaga kebersihan lingkungan, minimal ditempat tinggalnya masing-masing. Sekaligus memberikan sanksi kepada masyarakat yang dengan sengaja membuang sampah.

Harapan Bupati, kampanye kebersihan lingkungan yang dilakukan saat ini dapat terus dilanjutkan menjadi kegiatan rutin, mingguan, bulanan yang dikoordinir mulai dari tingkat pemerintahan paling bawah, RT, RW, Kelurahan hingga Kecamatan.

"Jika Kota kita bersih, masyarakat akan sehat, kota menjadi indah dan akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat, mari semua pihak mendukungnya," pungkas Bupati Irwan mengakhiri. (adv/hms/sus)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com