*Wujud Saling Dukung Antar Forkompinda

Pemda Meranti dan Imigrasi Bantu Fasilitas Mess Polwan

Dibaca: 2478 kali  Selasa,07 April 2015 | 03:09:00 WIB

Pemda Meranti dan Imigrasi Bantu Fasilitas Mess Polwan
Ket Foto : Foto bersama saat peninjauan di Mess Polisi Wanita Polres Kepulauan Meranti

SELATPANJANG - Kerjasama antar Forum Komunikasi Pimpinan Daerah di Kabupaten Kepulauan Meranti terjalin dengan baik, terbukti dengan terciptanya sinergitas dan saling dukung antar satu institusi dan institusi lainnya.

Seperti yang dilakukan oleh Pemda Kepulauan Meranti dan Imigrasi dengan memfasilitasi Mess Polwan Polres Kepulauan Meranti dalam rangka memberikan dukungan Kamtibmas.

Dikatakan Sekdakab, Drs H Iqaruddin MSi, disela peninjauan bersama Kapolres, AKBP Z Pandra, Kepala Kantor Imigrasi, Tohadi, Kabag Humas Ery Suhairi SSos, dan pejabat Polres lainnya, Fasilitas Mess bantuan Pemda Kepulauan Meranti tersebut dalam rangka memberikan dukungan kepada fasilitas Polres yang diketahui memiliki keterbatasan tempat tinggal bagi personilnya.

"Ini wujud dukungan kita kepada Polres Kepulauan Meranti dalam mencukupi kebutuhan tempat tinggal personilnya yang kita ketahui masih sangat terbatas," ujar Sekda, Selasa (7/4).



Selain itu, Sekda juga meminta kepada pihak Kecamatan turut membantu fasilitas serupa bagi personil Polsek yang berada di 9 Kecamatan yang tersebar di wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti. Dan upaya itu akan semakin optimal jika dukungan penuh juga diberikan oleh masyarakat dengan turut menyediakan tempat tinggal untuk dikontrak oleh personil Polisi.

"Masyarakat juga dapat membantu dengan membangun rumah kos-kosan untuk ditempati oleh personil Polres dan Polsek," paparnya lagi.



Hal senada juga dikatakan oleh Kepala Kantor Imigrasi Selatpanjang, Tohadi, yang menegaskan dukungan ini merupakan wujud kerjasama lintas sektoral yang baik antara forum komunikasi pimpinan daerah (Forkompinda) yang berada di Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Ini sudah menjadi komitmen kita untuk saling memberikan dukungan kepada institusi yang membutuhkan," jelas Tohadi.

Menyikapi hal itu, Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Z Pandra menyampaikan apresiasi atas dukungan penanganan Kamtibmas yang diberikan oleh Pemda Kepulauan Meranti dan Kantor Imigrasi Selatpanjang. Dan hal itu dapat terwujud berkat koordinasi dan sinergitas yang terjalin baik selama ini.

"Ini bukti bahwa kebersamaan tidak hanya slogan tapi diwujudkan dengan bukti konkrit," ujar AKBP Pandra bangga.

Diakui Pandra, dukungan yang diberikan kedua institusi, yakni Pemda dan Kantor Imigrasi kepada Mapolres Kepulauan Meranti yang baru berumur 1 tahun 8 bulan, sekaligus menjadi kado Hari Kamtibmas dan dukungan kepada Polisi untuk lebih mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat.



Saat ini, ungkapnya, Mapolres Kepulauan Meranti masih dalam kondisi serba keterbatasan, baik sarana dan prasarana, maupun dari segi jumlah personil yang baru ada sebanyak 277 personil dari jumlah idealnya 750 personil. Gedung Mapolres juga masih menumpang di bangunan Polsek Tebingtinggi.

"Kita akan terus berbenah untuk menjadi ideal, namun persoalan yang kita hadapi penambahan personil kurang didukung oleh fasilitas tempat tinggal dan ruang kantor. Hal ini juga salah satu bentuk dari kepedulian kami sebagai pimpinan untuk memenuhi kebutuhan dari personil," papar Pandra.

Kedepan, tambahnya, untuk mencapai angka ideal jumlah personil, dalam waktu dekat Polres Kepulauan Meranti akan kembali kedatangan personil yang nantinya akan ditebar di 9 Kecamatan se-Kabupaten Kepulauan Meranti, untuk itu Kapolres meminta dukungan yang sama juga diberikan oleh pemerintah ditingkat Kecamatan.



Seperti dijelaskan Kapolres, bantuan yang diberikan oleh Pemda Kepulauan Meranti berupa sebuah Mess 2 kamar lengkap dengan fasilitas ruang tamu, dapur dan kamar mandi plus perabotan dan alat masak yang dibutuhkan. Begitu juga yang diberikan oleh Kantor Imigrasi Selatpanjang berupa Mess 4 kamar. Dua Mess ini tempati oleh 21 personil Polisi Wanita yang bertugas di Mapolres Kepulauan Meranti.

Polwan yang bertugas di Polres Kepulauan Meranti, dikatakan Kapolres, merupakan tenaga profesional, bahkan satu diantaranya merupakan lulusan terbaik sekolah Polwan, dan hebatnya lagi sebagian besar dari Polwan tengah menempuh jenjang pendidikan S1.

"Sebagian besar sudah menjalani kuliah, ada yang sudah semester 6 bidang desain grafis dan ada juga mantan finalis miss Jelita dan atlet Voli nasional," ucap AKBP Pandra. (adv/hms/sus)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com