Pilkades Lukun, Cakades Lukman Unggul 1 Suara

Dibaca: 1426 kali  Selasa,07 April 2015 | 08:13:00 WIB

Pilkades Lukun, Cakades Lukman Unggul 1 Suara
Ket Foto : Camat Tebingtinggi Timur, Helfandi SE MSI, menunjukkan kertas suara Pilkades Lukun, saat peninjauan, Selasa (7-4)

TEBINGTINGGI TIMUR - Proses penghitungan suara Pilkades di Desa Lukun Kecamatan Tebingtinggi Timur, Kepulauan Meranti, cukup membuat jantung para Calon Kades berdetup detap. Pasalnya, dua calon yang memperoleh suara tertinggi hanya berselisih 1 suara.

Informasi yang diperoleh merantionline.com dari Sekretaris BPMPD Kepulauan Meranti yang juga menjabat Plt Kepala Desa Lukun, Husni Gamal SPdi, menyebutkan Calon Kades Nomor Urut 1, Lukman hanya unggul 1 suara atas Calon Nomor urut 2, Anwar.

"Nomor Urut 1. Lukman 307 suara, Nomor Urut 2, Anwar 306 suara, Nomor Urut 3, A Rauf 254 suara dan Nomor Urut 4, Mustafa 176 suara," ungkap Husni Gamal.

Dijelaskannya, jumlah warga Desa Lukun yang tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 1376 orang. Dari kegiatan pemungutan suara Selasa pagi hingga siang, tingkat partisipasi pemilih di Desa Lukun mencapai sekitar 85 persen.

"Yang datang ke TPS dan menggunakan hak pilihnya sebanyak 1047 orang. Setelah dilakukan penghitungan suara, tercatat 1044 suara sah dan 3 suara dinyatakan tidak sah," ujarnya.

Menurut Husni Gamal, warga yang tidak hadir di TPS pada hari Pemilihan Kepala Desa itu, sebagian besar disebabkan karena mereka berkerja di luar daerah.

"Ada sekitar 329 orang yang tidak menggunakan hak pilihnya, sebagian besar karena tidak berada ditempat dan berkerja di luar daerah," kata Husni Gamal.

Saat ini, lanjut Plt Kades Lukun ini, Panitia Pemilihan Kepala Desa Lukun sedang menyusun Berita Acara hasil rekapitulasi perolehan Suara Pilkades, untuk selanjutnya diserahkan kepada BPD dan diteruskan kepada Bupati melalui Camat.

Pemungutan suara Pilkades Lukun, turut ditinjau langsung oleh Camat Tebingtinggi Timur, Helfandi SE MSi bersama Komisioner KPU, pihak Kantor Kesbangpol juga Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Kepulauan Meranti.

Sedangkan pengamanan terdiri dari unsur Kepolisian, Satpol PP Kecamatan serta petugas Linmas Desa. (sus)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com