*Penyidikan Atas Penembakan Oknum BC Bengkalis

Tim Dokter Forensik Polda Riau Otopsi Mayat Darmawan

Dibaca: 2615 kali  Senin,13 April 2015 | 07:10:00 WIB

Tim Dokter Forensik Polda Riau Otopsi Mayat Darmawan
Ket Foto : Kegiatan Otopsi Mayat Darmawan di TPU Desa Makarsari, Kecamatan Merbau, Senin (13-4)

MERBAU - Tim Dokter Forensik dari Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Bid Dokkes) Polda Riau dan Universitas Riau, Senin (13/4) melakukan Otopsi jenazah almarhum Darmawan alias Jantan, ABK yang tertembak oknum petugas Bea dan Cukai Bengkalis, Sabtu (4/4) lalu.

Pantauan merantionline.com, kegiatan investigasi medis jenazah untuk memeriksa sebab kematiannya itu dilakukan secara tertutup di Tempat Pemakaman Umum (TPU), Jalan perkuburan Desa Mekarsari, Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti.

Sebelum otopsi itu dilakukan, pihak Dokkes Polda Riau yang berkerjasama dengan Tim Fakultas Kedokteran Universitas Riau, melibatkan enam orang warga setempat untuk menggali kuburan korban yang sudah dikebumikan sepekan lalu. Ratusan warga berdatangan untuk melihat langsung jalannya otopsi tersebut.

Kegiatan Otopsi dipimpin Ketua Tim, Kasubbid Dokkes Polda Riau, Kompol dr Suprianto, bersama sejumlah dokter ahli forensik, antara lain, Dr dr Dedi Apandi DFM SPF, dr Lio Nardo, dr Abdul Gafar dan dr Lilik Kurniawan.

Turut hadir pula dari Polsek Merbau Bripka Adi Suryono dan Brigadir Dodi Novrian. Sedangkan dari pihak Pemerintah Desa Mekarsari dihadiri langsung oleh Kepala Desa, Jais, beserta sejumlah unsur perangkat desa setempat lainnya.

Kasubbid Dokkes Polda Riau, Kompol Suprianto saat dikonfirmasi mengatakan, ada 12 orang yang terlibat langsung dalam kegiatan otopsi tersebut. Otopsi dilakukan berdasarkan pemintaan dari pihak penyidik Polair Polres Bengkalis.

Dia menuturkan, otopsi itu berlangsung sekitar tiga jam, yang dilakukan demi kepentingan penyidikan perkara yang terjadi pada jenazah tersebut sesuai dengan pasal 133 KUHAP.

Diakuinya lagi, dalam proses pemeriksaan terhadap jasad korban tidak ada hambatan yang menghalang, pihak keluarga korban sebelumnya sudah mendapat informasi dari Penyidik Polres Bengkalis dan Polsek Merbau. (ali)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com