Bupati Meranti Dukung Pembangunan KPR Untuk Masyarakat dan PNS

Dibaca: 880 kali  Selasa,14 April 2015 | 05:21:00 WIB

Bupati Meranti Dukung Pembangunan KPR Untuk Masyarakat dan PNS
Ket Foto : Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan Nasir MSi bersama APERSI serta Bank BTN menggelar pertemuan, bertempat di Hotel Premier Pekanbaru, Selasa

PEKANBARU - Dalam rangka memenuhi kebutuhan kredit perumahan masyarakat, khususnya PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, Bupati Drs H Irwan Nasir Msi bersama APERSI serta Bank BTN menggelar pertemuan, bertempat di Hotel Premier Pekanbaru, Selasa (14/4).

Pertemuan yang dihadiri langsung oleh Regional Office Head Bank BTN, Harry Boediono dan Wakil Ketua Asosiasi Pengembang Perumahan dan Pemukiman Seluruh Indonesia (APERSI) Pusat, Hidayat Anshari SE serta Developer itu, membahas kerjasama pembangunan perumahan KPR BTN yang rencananya akan dibangun di Jalan Dorak, Selatpanjang.

Dalam pertemuan itu, Bupati Irwan menyambut baik rencana pembangunan tersebut, dengan memberikan kemudahan perizinan, serta menolkan biaya Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang otomatis akan menekan harga unit rumah.

Direncanakan untuk tahap awal, seperti dikatakan Hidayat, APERSI akan melakukan Land Clearing lahan seluas lahan 17 hektar lebih dan membangun 800 unit rumah sejahtera, mulai dari Type 36 sampai Type 70, dan menariknya, khusus untuk Type 36 yang diperuntukan untuk masyarakat dan PNS yang berpenghasilan tidak melebihi 4 Juta Rupiah, akan diberikan subsidi uang muka sebesar 20 juta rupiah.

"Bunga KPR berkisar 11-12 persen, jika disubsidi menjadi 7,5 persen, inilah yang ditanggung pemerintah," ujar Hidayat.

Sementara Regional Office Head Bank BTN, Harry Boediono mengatakan, masalah pembangunan atau konstruksi perumahan akan disiapkan oleh Developer, sementara pihaknya akan menjamin semua pembiayaan konstruksi sebelum ditawarkan kepada masyarakat.

Agar kerjasama berjalan sesuai harapan, Harry menginginkan adanya MoU antara Pemda Kepulauan Meranti dengan Bank BTN, sebagai payung atau jaminan dalam bentuk MoU, dimana bagi konsumen yang berstatus PNS, pembayaran akan langsung dilakukan dengan pemotongan gaji.

"Pada waktunya nanti ini akan kami sampaikan kepada konsumen perihal MoU pemotongan gaji, sekaligus untuk melihat kemampuan dari pegawai untuk membayar angsuran," ujarnya.

Harry juga mengapresiasi, dukungan yang diberikan Pemda khususnya Bupati Irwan dalam upaya memberikan kemudahan kepada masyarakat, sekaligus menggalakkan pembangunan di Kabupaten termuda di Provinsi Riau ini.

"Saya melihat konsep pembangunan oleh Bupati sangat luar biasa dan dalam 10 sampai 20 tahun kedepan Kabupaten Kepulauan Meranti pasti jauh lebih maju," ujar Harry.

Diinformasikan Harry, rencana pembangunan akan dimulai tanggal 28 April 2015 mendatang yang diawali dengan pencanangan pondasi yang dilanjutkan dengan sosialisasi KPR BTN kepada masyarakat.

Bagi PNS yang berminat dapat memiliki KPR dengan syarat belum memiliki rumah, penghasilan gaji pokok masih mencukupi atau sepertiga dari gaji dan pembayaran boleh diangsur hingga 15-25 tahun, disesuaikan dengan masa kerja yang bersangkutan. Terkait angsuran, paling rendah sebesar 800-900 ribu rupiah perbulan untuk Type 36.

Dalam pertemuan itu juga dihadiri oleh Kabag Humas Setdakab Kepulauan Meranti, Ery Suhairi SSos, Kepala Bidang Aset DPPKAD, Habibi dan sejumlah petinggi Bank BTN Regional. (rilis humas setda meranti)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com