Bengkalis Bagian dari Poros Maritim Nasional

Dibaca: 1275 kali  Rabu,15 April 2015 | 12:54:00 WIB

 Bengkalis Bagian dari Poros Maritim Nasional
Ket Foto :

BENGKALIS - Dengan identitas sebagai daerah perbatasan, pulau dan pesisir maka secara otomatis kabupaten Bengkalis menjadi bagian dari poros maritim Indonesia.
 
"Dukung keinginan Pemerintah Provinsi yang mendorong Pemerintah Pusat untuk menjadikan Riau sebagai poros maritim,” ungkap Bupati Bengkalis Herliyan Saleh dikutip dari release Humas Setda Bengkalis saat menjadi narasumber Seminar Nasional Tambusai International Affairs Forum (TINTAFOR) III, Selasa (14/4/15).
 
Seminar yang digagas Korps Mahasiswa Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Riau (UR) tersebut dengan tema "Uploading Spirits of World Maritime Axis Doctrine in Global Partnership" diikuti ratusan mahasiswa dan akedemika UR. 
 
Menurut Herliyan, konsep poros maritim dunia yang digagas pemerintah pusat, membawa harapan kepada masyarakat Riau umumnya dan Bengkalis khususnya untuk semakin lebih maju dan menyejahterakan rakyat.
 
Dihadapan peserta seminar, Herliyan Saleh menjelaskan bahwa Bengkalis yang berada di jalur strategis dan diapit dua negara, Malaysia dan Singapura terus berbenah, terutama sektor infrastruktur.
 
“Bengkalis sangat cocok menjadi bagian poros maritim di Riau, ini mengingat posisi yang persis berada di jalur selat malaka yang merupakan salah satu jalur lalulintas terpadat kapal di dunia,” paparnya. 
 
Kemudian Bengkalis juga telah merencanakan dan melaksanakan berbagai program strategis dalam rangka membangun aksesibilitas antar pulau, antar kawasan dan antar negara dengan tujuan meningkatkan perekonomian masyarakat.(rep05)
Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com