Harga Gula di Karimun Capai Rp 12 Ribu per Kilogram

Dibaca: 1243 kali  Rabu,15 April 2015 | 01:17:00 WIB

Harga Gula di Karimun Capai Rp 12 Ribu per Kilogram
Ket Foto :

Batam-Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) oleh pemerintah akhir bulan lalu telah menyebabkan harga-harga kebutuhan pokok di Karimun mengalami kenaikan.
 
Ditambah lagi pemerintah pusat telah menutup keran beras impor. Selain beras, gula pasir juga mengalami kenaikan. Saat ini gula dijual Rp 12 ribu per kilo. Padahal sebelumnya gula dijual Rp 8.500 per kilo.
 
”Sekarang, harga beras yang paling murah di jual Rp 10 ribu per kilogram. Kondisi berasnya juga kurang bagus, pendek dan patah-patah. Padahal, sebelumnya beras dengan harga Rp 10 ribu sudah bagus,” ujar Ridwan di Pasar Tanjungbalai, kemarin.
 
Restu, pemilik toko sembako secara terpisah membenarkan jika harga beras sudah naik. Menurutnya, tidak ada lagi sekarang beras yang dijual di toko-toko atau pedagang beras di bawah harga Rp 10 ribu per kilogram. Karena, harga per karungnya sudah naik.
 
”Kita pedagang juga sudah menaikkan harga. Sebagai contoh, beras merek Naga Mas pada bulan lalu masih Rp 260 ribu per karung. Sekarang harganya Rp 290 ribu,” paparnya.
 
Aheng, pemilik toko sembako lain di daerah Puakang, menyebutkan dirinya memasok beras dari Penyalai, Riau. ”Modal saja sudah Rp 9 ribu per kilogram, sehingga, kita jual Rp 10 ribu per kilo. Untuk beras lain yang sedikit lebih bagus harganya sudah Rp 14 ribu,” paparnya.
 
Dikatakannya, informasi dari distributor beras stok  beras sedang berkurang. Sehingga, saat ini dia hanya menjual beras eceran. Artinya, tidak bisa lagi menjual per karung.
 
Padahal, langganannya cukup banyak, seperti rumah makan dan penjual nasi ayam. “Bukan hanya beras saja yang naik harga. Tapi, harga gula yang cukup banyak naiknya," katanya.
 
Saat ini, gula pasir kita jual Rp 12 ribu per kilogram. Padahal, sebelumnya harga gula yang dijual di toko-toko berkisar Rp 8.500 per kilogram sampai dengan Rp 9 ribu per kilogram,” papar Aheng. (rep05/bps)
Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com