Tidak Gelar STQ, Ini Ancaman Camat 3T bagi Kepala Desa

Dibaca: 1131 kali  Rabu,22 April 2015 | 06:56:00 WIB

Tidak Gelar STQ, Ini Ancaman Camat 3T bagi Kepala Desa
Ket Foto : Camat Tebingtinggi Timur, Helfandi SE MSi, menyampaikan sambutannya

TEBINGTINGGI TIMUR - Seleksi Tilawatil Quran (STQ) di tingkat Desa menjadi salah satu program yang masuk dalam Petunjuk Pelaksanaan Alokasi Dana Desa (ADD). Oleh karenanya, kegiatan itu wajib dilaksanakan Pemerintah Desa dalam rangka untuk menguatkan mental spiritual dan menciptakan generasi yang Qurani.

Hal itu diungkapkan Camat Tebingtinggi Timur (3T), Helfandi SE MSi, dalam sambutannya saat menghadiri malam puncak STQ di Desa Batin Suir, Senin (20/4) malam lalu. Dikatakannya, tidak ada pengecualian, seluruh desa di Kecamatan Tebingtinggi Timur wajib menggelar STQ.

"Ini saya tegaskan kepada seluruh Kepala Desa se-Kecamatan Tebingtinggi Timur, bagi desa yang tidak melaksanakan kegiatan STQ, saya selaku Camat tidak akan memverifikasi SPj ADD-nya," tegas Helfandi.

Menurutnya, STQ merupakan salah satu cara untuk menyeleksi dan membentuk generasi yang Qurani, memiliki mental spiritual yang kuat serta bertaqwa kepada Allah SWT. Karena diyakini suatu negeri akan berkah kalau banyak orang yang pandai dan rutin mengamalkan ibadah mengaji.

"Seperti Desa Lukun dan Batin Suir ini, dulunya adalah lumbung Qori dan Qoriah Kecamatan Tebingtinggi ketika masih bergabung dengan Kabupaten Bengkalis. Untuk itu mari lebih kita tingkatkan lagi prestasi dalam ajang MTQ yang telah diukir waktu dulu," ajak Camat.

Namun demikian, Camat Helfandi mengaku sangat mengapresiasi pelaksanaan STQ di Desa Batin Suir dan Desa Lukun pada tahun ini. Menurutnya, STQ yang dilaksanakan di dua desa ini tergolong lebih baik dibandingkan di desa lainnya di Kecamatan Tebingtinggi Timur.

"Baru di dua desa ini yang menggelar STQ memakai tenda, yang lainnya dilaksanakan di dalam Masjid. Saya mengapresiasi kerja panitia serta adanya swadaya masyarakat untuk terlaksananya STQ ini, meskipun belum ada dukungan ADD karena memang masih dalam proses untuk mencairkannya," kata Helfandi.

STQ di Desa Batin Suir dilaksanakan selama tiga hari sejak tanggal 18 hingga 20 April 2015 kemarin. STQ ini memperlombakan cabang Tilawah tingkat anak-anak dan remaja putra dan putri, Murottal anak-anak dan remaja putra dan putri serta cabang azan.

Ketua Panitia, Zuhri SPd, dalam laporannya mengatakan, pendanaan STQ kali ini berasal dari infaq dan sedekah masyarakat yang dipungut secara sukarela dari rumah-kerumah. Selain itu dukungan dana juga mengalir dari para donator dari luar desa serta para pengusaha yang menjalankan usahanya di Desa Batin Suir.

Hadir pada acara penutupan itu Kepala Desa Batin Suir, Tarmizi AMa, Ketua BPD Batin Suir, Ahmad Tarmizi, Kades Lukun terpilih, Lukman, dan unsur desa lainnya, termasuk Dewan Hakim, antara lain Ketua, Muhammad Nazir beserta anggota, Darussamin, Amran MS dan Ahmad Basri. (sus)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com