Gubri Yakin ISG tak akan Ganggu Pilkada

Dibaca: 1039 kali  Selasa,28 Mei 2013 | 02:21:00 WIB

Gubri Yakin ISG tak akan Ganggu Pilkada
Ket Foto :

Pekanbaru-Gubernur Riau, Rusli Zainal, yakin perhelatan multi event olahraga Islamic Solidarity Games (ISG) 2013 tidak akan mengganggu jalannya Pilkada Riau, 4 September 2013. Itu sebabnya Rusli menilai ajang ISG tidak perlu dipindahkan ke Jakarta.

Sebelumnya, Menpora Roy Suryo tetap ngotot untuk memindahkan tuan rumah ISG 2013 ke Jakarta. Meski secara teknis persiapan Riau tidak ada masalah, Menpora justru menjadikan alasan non-teknis untuk memindahkan ISG ke Jakarta.

Menpora menilai status Rusli sebagai tersangka KPK bisa mencoreng nama baik Indonesia. Pasalnya, Rusli juga menjabat sebagai Ketua Pelaksana Daerah ISG. "Jika sesuatu terjadi kepada Gubernur Riau, siapa yang akan bertanggung jawab?," ujar Menpora.

Pertanyaan Menpora tersebut dijawab Rusli dengan mengeluarkan Keppres untuk menunjuk ketua baru. Namun, Menpora punya alasan lain, yakni penyelenggaraan ISG pada 22 September hingga 1 Oktober 2013 yang hampir bertepatan dengan Pilkada Riau.

Menanggapi pernyataan Menpora, Rusli optimistis perhelatan ISG tidak akan mengganggu jalannya Pilkada Riau. "Soal Pilkada, ISG akan dilaksanakan setelah Pilkada. Jadi, saya pikir hal itu tidak menjadi masalah," ujar Rusli.

"Sekarang sudah tidak alasan untuk memindahkan ISG ke Jakarta. Riau sudah siap menjadi tuan rumah. Masalah Stadion Utama dan kolam renang sudah bisa diatasi. Jadi, tidak masuk akal kalau alasannya non-teknis," paparnya.

Sementara itu, Menko Kesra Agung Laksono juga menyatakan dukungannya agar Riau tetap menjadi tuan rumah ISG. Agung menilai masalah status Rusli sebagai tersangka KPK tidak menjadi alasan untuk memindahkan ISG ke Jakarta.

"Semua terserah kepada Menpora. Tapi, saya tegaskan tidak ada alasan untuk dipindah. Semuanya sudah siap. Masalah non-teknis itu tidak bisa menjadi alasan," ujar Agung usai meninjau kesiapan Riau, Senin 13 Mei 2013. (rep05)
 

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com