Miniatur Masjid Cheng Ho Semarakkan Pawai Taaruf MTQ Tebingtinggi

Dibaca: 1863 kali  Sabtu,25 April 2015 | 12:18:00 WIB

Miniatur Masjid Cheng Ho Semarakkan Pawai Taaruf MTQ Tebingtinggi
Ket Foto : Miniatur Masjid Cheng Ho menjadi icon Kafilah Kelurahan Selatpanjang Barat, pada Pawai Taaruf MTQ Kecamatan Tebingtinggi

SELATPANJANG - Miniatur Masjid Cheng Ho dan warga suku tionghoa menambah semarak Pawai Taaruf MTQ Kecamatan Tebingtinggi. Mereka ikut dalam barisan Kafilah Kelurahan Selatpanjang Barat saat pelepasan Pawai Taaruf MTQ itu, Jumat (24/4) sore.

Keikutsertaan warga suku tionghoa ini menyedot perhatian ribuan masyarakat yang hadir pada acara pelepasan pawai taaruf di Jalan Merdeka Selatpanjang. Pawai itu dilepas oleh Camat Tebingtinggi, Drs Asroruddin MSi bersama unsur Muspika lainnya.

Sejak dipimpin Lurah Juwita Ratna Sari, Kelurahan Selatpanjang Barat akhir-akhir ini memang sering melakukan kegiatan yang berbeda dari biasanya. Lurah Ratna langsung memimpin kafilah pawai yang diiringi dengan miniatur Masjid Cheng Ho.

Sedangkan untuk barisan komunitas warga suku tionghoa dipimpin oleh Apho dengan membawa spanduk yang bertuliskan ucapan selamat dan sukses atas pelaksanaan MTQ Kecamatan Tebingtinggi serta himbauan meningkatkan toleransi antar umat beragama.

"Mayoritas warga Kelurahan Selatpanjang Barat adalah suku tionghoa dengan jumlah 85 persen dari total 7.500 jiwa. Selebihnya ada melayu, bugis, minang dan jawa. Meskipun berbeda suku dan agama, kita bisa hidup rukun dan damai, saling menghormati satu sama lainnya," ucap Lurah Ratna.

Ditambahkan Ratna, bentuk kerukunan atau toleransi umat beragama tidak hanya diwujudkan dalam pawai takruf ini saja, dalam perayaan imlek, lebaran serta peringatan hari besar agama lainnya, masyarakat yang berbeda agama ini tetap bersama-sama saling menghormati.

"Dengan toleransi umat beragama akan tercipta kerukunan dan kehidupan yang harmonis di Selatpanjang. Dengan demikian segala persoalan di masyarakat bisa diselesaikan dengan baik secara bersama tanpa membedakan suku dan agama," ucap Ratna. (ami)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com