*Buka MTQ Kecamatan Tebingtinggi

Sekda: Mempertahankan Gelar Juara Itu Sangat Sulit

Dibaca: 998 kali  Sabtu,25 April 2015 | 12:22:00 WIB

Sekda: Mempertahankan Gelar Juara Itu Sangat Sulit
Ket Foto : Pembukaan MTQ tingkat Kecamatan Tebingtinggi, Jumat (24-4) malam

SELATPANJANG - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kepulauan Meranti, Drs H Iqaruddin MSi, berkesempatan mewakili Bupati saat membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kecamatan Tebingtinggi, di pelataran parkir Kantor Camat Tebingtinggi, Jalan Rumbia, Selatpanjang, Jumat (24/4) malam.

Dalam sambutannya, Sekda mengatakan predikat Juara II yang disandang Kabupaten Kepulauan Meranti pada MTQ tingkat Provinsi Riau di Tembilahan tahun 2014 lalu, merupakan sebuah prestasi yang patut dibanggakan, namun untuk mempertahankan predikat juara tersebut sangat sulit.

"Kegiatan MTQ mulai dari seleksi tingkat Desa, Kecamatan dan Kabupaten adalah bagian dari rencana mempersiapkan duta-duta daerah  ke ajang MTQ yang lebih tinggi. Predikat Juara kedua pada MTQ Riau lalu, menjadi tugas berat kita bersama untuk minimal dapat mempertahankannya," kata Sekda.

Menurut Sekda, ajang MTQ yang digelar setiap tahunnya harus menjadi barometer dalam mengukur prestasi serta menciptakan pengkaderan Qori dan Qoriah terbaik hasil seleksi dari daerah sendiri.

"Oleh karenanya, agenda tahunan ini jangan hanya menjadi rutinitas seremonial belaka, namun harus memberikan nilai positif tidak hanya untuk prestasi, tapi juga dalam pengembangan ilmu, penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kandungan Al-Quran di tengah-tengah masyarakat kita," harapnya.

Camat Tebingtinggi, Drs Asroruddin MSi, dalam sambutannya mengatakan, MTQ Kecamatan itu merupakan momentum memasyarakatkan gemar membaca Al-Quran. Dirinya menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh masyarakat, ulama, guru mengaji, Lurah dan Kades yang telah ikut andil dalam menyukseskan MTQ ini.


"Tanpa peran dari seluruh komponen masyarakat, utamanya para guru mengaji, maka tidak akan ada anak-anak kita yang bisa hadir menjadi peserta pada kegiatan MTQ ini. Kepada seluruh peserta kami ucapkan selamat bertanding, serta selamat menilai pula kepada para Dewan Hakim," kata Camat.

Sebelumnya, Ketua LPTQ Kecamatan Tebingtinggi, H A Karim Z, dalam laporannya menjelaskan, MTQ tingkat Kecamatan Tebingtinggi diikuti oleh 167 peserta utusan dari Kelurahan dan Desa yang ada di Kecamatan Tebingtinggi.

Tampak juga hadir pada acara pembukaan MTQ itu, Anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti, Endang Miratna SH dan Muzakir, sejumlah Kepala SKPD Pemkab Kepulauan Meranti, Ketua KPU, Yusli SE, Kapolsek, AKP Ade Rukmayadi SH, Danramil 04 Selatpanjang, Kapten Inf Sahman Sinaga dan lainnya. (bom/pnd)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com