JICA Jepang Tertarik Bhabinkamtibmas Siak

Dibaca: 1926 kali  Minggu,26 April 2015 | 12:37:00 WIB

JICA Jepang Tertarik Bhabinkamtibmas Siak
Ket Foto : Lambang Jica

SIAK - Sejumlah petinggi Japan International Cooperation Agency (JICA) ke Siak Sri Indrapura. Dipimpin oleh Mr.Okubo sebagai Ketua Team JICA-HQ dan Naoki Maruyama sebagai Project Leader JICA-Polri mengunjungi Kabupaten Siak, Sabtu (28/3).

Rombongan yang berjumlah 7 orang tim ahli tersebut melakukan kunjungan kerja ke Kota Siak Sri Indrapura. Kedatangan rombongan ini disambut  Bupati Siak, H Syamsuar dan Dir Binmas Polda Riau, Dr Sugiyono SH MH, meninjau Rumah Kantor (rukan) Bhabinkamtibmas yang ada di Kelurahan Kampung Rempak - Siak Sri Indrapura.

Dikatakan Okubo bahwa informasi tentang kemajuan pembinaan gerakan Perpolisian Masyarakat (Polmas) melalui Bhabinkamtibmas di Kabupaten Siak yang dikatakan menjadi percontohan se-Indonesia telah sampai ke Jepang.

JICA sebagai lembaga kerjasama internasional Jepang dibidang kepolisian bermaksud datang langsung ke Kabupaten Siak untuk melihat secara langsung kemajuan Perpolisian Masyarakat di negeri istana.

"Kami datang untuk melihat kedepan support dalam bentuk apa yang dapat diberikan JICA, sekaligus ingin merasakan dan melihat langsung kondisi sinergi antar instansi di daerah ini dalam membangun kamtibmas yang disebut menjadi percontohan di Indonesia." Kata Okubo.

Dia menyatakan lebih baik melihat langsung dari pada hanya mendengar dari kata orang. Itu sebabnya, mengapa JICA perlu datang langsung dari Tokyo ke Kabupaten Siak.

Sementara itu, Bupati Siak, Syamsuar menjelaskan, Kabupaten Siak sebagai daerah pemekaran yang baru berusia 15 tahun memerlukan upaya yang kontiniu dalam memelihara kamtibmas sebagai modal dasar pembangunan daerah.

"Terlebih sebagai daerah tujuan wisata sejarah dan budaya melayu, kamtibmas perlu terus dijaga agar wisatawan nyaman melancong ke Siak" kata Syamsuar.

Untuk itu, bersama jajaran Polri dan TNI serta aparatur lain terkait, Pemerintah daerah memprakarsai sejumlah kebijakan dan kerjasama dalam menghidupkan peran Perpolisian Masyarakat di daerah.

Diantaranya pertemuan rutin Forkopimda, memfasilitasi pembangunan 83 unit rukan Bhabinkamtibmas dari jumlah keseluruhan 121 unit yang akan dibangun disetiap kampung, hingga meningkatkan sinergi ditingkat Pemerintah Desa dengan Bhabinkamtibmas dan Babin ditingkat desa.

Direktur Binmas Polda Riau, Kombes Pol Sugiyono, yang turut mendampingi rombongan JICA mengatakan, kepolisian setempat amat terbantu dengan prakarsa dan ide cemerlang Pemkab Siak untuk menciptakan rasa aman diwilayahnya.

"Kemajuan bhabinkamtibmas disini membuat Kabupaten Siak dijadikan Mabes Polri daerah percontohan se-Indonesia, dimana Jawa Barat, Kalimantan Selatan dan Kabupaten Rohul sudah mulai ikut membangun didaerahnya masing-masing," kata perwira polisi yang terkenal humoris ini.

Bahkan bukan hanya menasional, program yang ada ini menurutnya turut membuat polisi Siak sudah mendunia. Setelah POLRI resmi berdiri sendiri dari ABRI pada 2000, JICA memulai kerjasamanya dengan POLRI pada 2002 dalam rangka mendukung reformasi polisi dengan melaksanakan proyek pilot di Bekasi (Jawa Barat).

Kegiatan ini tidak hanya terfokus pada pembangunan prasarana bagi polisi dan masyarakat untuk membangun komunikasi, tetapi juga memberikan perhatian terhadap peningkatan keahlian dan pengetahuan para personil kepolisian dalam mengatasi kejahatan dan masalah sosial lainnya di lingkungan masyarakat. (mcr)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com