Peran Wakil Rakyat Riau Dapil Meranti Sangat Diharapkan

Dibaca: 870 kali  Kamis,30 April 2015 | 07:50:00 WIB

Peran Wakil Rakyat Riau Dapil Meranti Sangat Diharapkan
Ket Foto : Sekda Kepulauan Meranti, Drs H Iqaruddin MSi, menyerahkan bantuan saat acara reses Wakil Ketua DPRD Riau, dr Sunaryo, Rabu (29-4)

SELATPANJANG - Pemkab Kepulauan Meranti telah berupaya meningkatkan fungsi lembaga dan tenaga pelayanan kesehatan ditengah masyarakat, namun karena keterbatasan anggaran, daerah ini butuh dukungan APBD Riau yang perlu diperjuangkan oleh wakil rakyat dari daerah pemilihan ini.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti, Drs H Iqaruddin MSi, saat mengikuti kegiatan reses Wakil Ketua DPRD Riau, dr Sunaryo di Selatpanjang, Rabu (29/4). Acara reses itu dikhususkan untuk kalangan organisasi profesi kesehatan di Kepulauan Meranti.

Pemda Kepulauan Meranti sendiri, diakui Iqaruddin, sudah mencoba memberikan dukungan dana. Kedepan khusus untuk para Bidan yang bertugas di 101 Desa dan Kelurahan akan didukung bantuan sepeda motor untuk memaksimalkan pelayanan.

"Namun begitu, dengan keterbatasan APBD yang dimiliki oleh Kabupaten Kepulauan Meranti, sangat diperlukan dukungan alokasi dana dari APBD Riau, dan Pak Sunaryo sebagai salah seorang Wakil Rakyat dari daerah pemilihan Meranti kami harapkan dapat memperjuangkannya," kata Sekda.

Diungkapkan Sekda, masalah dukungan alokasi dana untuk program pelayanan masyarakat di Kabupaten Kepulauan Meranti, sudah sering disuarakan di tingkat Provinsi, namun apa yang didapat masih jauh dari harapan.

"Kami lihat ada komunikasi yang terputus antara Kabupaten dan Provinsi, padahal dalam pertemuan dengan Komisi A, B, C dan D DPRD Provinsi Riau sudah disampaikan, namun terkesan masih terjadi tarik-menarik," ujar Sekda Iqaruddin.

Kepada Sunaryo, Sekda meminta Meranti tidak lagi dianaktirikan dan dipandang sebelah mata, Meranti sebagai satu kesatuan Provinsi Riau dengan angka kemiskinan sekitar 35 persen hendaknya mendapat prioritas alokasi anggaran, baik dari Provinsi maupun Pusat. Dimana idealnya Meranti harus mendapat alokasi dana APBD Riau sebesar Rp500 Miliar.

"Sebagai daerah yang berada di wilayah pesisir riau dan memiliki potensi besar juga berbagai keterbatasan harus mendapat prioritas anggaran," ucap Sekda.

Sekda juga menitipkan dukungan dana untuk mengatasi masalah abrasi kepada Sunaryo, dimana dalam kurun waktu beberapa tahun ini telah terjadi 1 sampai 2 kilometer abrasi, sementara dari Provinsi dan Pusat belum mendapatkan dukungan anggaran secara baik.

Menyikapi masalah tersebut, Wakil Ketua DPRD Riau, dr Sunaryo, berjanji dengan kehadirannya ditengah masyarakat Kepulauan Meranti, dapat memperjuangkan alokasi APBD Riau untuk Kabupaten Kepulauan Meranti yang masih sangat kecil.

"Padahal sebagai Kabupaten baru pecahan Bengkalis, Kabupaten ini butuh anggaran yang besar," ujar Sunaryo.

Dia juga berjanji akan memberi dukungan untuk mengaktifkan kembali posyandu sampai ke pedesaan. "Saya berharap kedepan forum posyandu dihidupkan kembali, jika hari ini oleh masyarakat dari masyarakat dan untuk masyarakat, kedepan dapat dibantu Pemda," ucapnya.

Kunjungan Wakil Rakyat dapil Meranti, Dumai dan Bengkalis ini sengaja untuk menghimpun semua keluhan dan permasalahan di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Untuk mengoptimalkan fungsinya, dalam reses tersebut, mantan Wakil Walikota Dumai ini juga turut membawa serta Wakil Rakyat di lembaga DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti dari Fraksi PAN, diantaranya Darwin Susandy, Ardiansyah dan lainnya.

Dalam reses di Kabupaten Kepulauan Meranti, Sunaryo memfokuskan pertemuan dengan Forum Komunikasi Kader Kesehatan (FK3) se-Kepulauan Meranti, yang merupakan gabungan dari seluruh organisasi kesehatan yang ada, mulai dari IBI, IDI serta Ikatan Perawat PNS dan PTT dilingkungan Pemkab Kepulauan Meranti.

Kepada Sunaryo, para Kader FK3 meminta agar keberadaan posyandu dan kader posyandu sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan hingga ke pedesaan mendapat perhatian dan bantuan anggaran yang memadai dari alokasi APBD Provinsi Riau. (sus)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com