*Lantik Kepala Desa Banglas

Bupati Minta Samsurizal Bangun Koordinasi dan Jaga Kekompakan

Dibaca: 940 kali  Senin,04 Mei 2015 | 01:11:00 WIB

Bupati Minta Samsurizal Bangun Koordinasi dan Jaga Kekompakan
Ket Foto : Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, saat mengambil sumpah jabatan Kepala Desa Banglas, Samsurizal SH, Senin (4-5)

SELATPANJANG - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 29 Desa Se-Kabupaten Kepulauan Meranti yang merupakan pertama kalinya di Indonesia, telah selesai dilaksanakan dan berjalan dengan aman dan lancar, kini memasuki proses pelantikan Kepala Desa (Kades) terpilih untuk masa bakti 2015-2021. Hari ini, Senin (4/5) Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, melakukan pelantikan Kades Banglas, Kecamatan Tebingtinggi.

Pelantikan Kades Banglas terpilih, Samsurizal SH, ditandai dengan pemasangan tanda pangkat dan jabatan oleh Bupati Irwan, yang dipusatkan di Kantor Desa, jalan Banglas ujung, Selatpajang.

Kepada Kades, Bupati Irwan berpesan agar amanah yang dipercayakan masyarakat dan telah disahkan oleh negara, dapat dilaksanakan sebaik-baiknya dalam rangka memenuhi harapan masyarakat, membangun Desa Banglas lebih baik lagi kedepan.

"Kemenangan merupakan amanah yang harus dilaksanakan sebaik-baiknya, kepada Kades diharapkan mampu merangkul semua kelompok yang sebelumnya berkompetisi, jangan sampai terjadi perpecahan, dan bagi pihak yang kalah mari dukung Kepala Desa terpilih dengan tetap menjaga kekompakan," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Irwan juga mengucapkan terimakasih kepada Kades sebelumnya, Muhamad atas pengabdiannya selama kurun waktu 6 tahun terakhir.

Dijelaskan Bupati Irwan, pelantikan Kades Banglas, merupakan pelantikan Kades pertama, yang sengaja dipilih karena berada di pusat Kabupaten yang menjadi salah satu fokus pembangunan di Kabupaten Kepulauan Meranti, untuk itu sangat diperlukan peran Kades sebagai koordinator semua program Pemda kepada masyarakat.

"Banglas saat ini sedang gencar dilakukan pembangunan infrastruktur salah satunya pembangunan jalan utama, untuk itu saya berharap partisipasi semua pihak. Dan keberadaan Pemerintahan Desa, diperlukan untuk mengkoordinasikan dan mengarahkan masyarakat, untuk mendukung program pembangunan, sehingga dapat selesai tepat waktu dan memuaskan," jelas Irwan.

Seperti diketahui, Pemda Kepulauan Meranti sedang melakukan peningkatan jalan Perumbi yang bakal menjadi jalan utama, Pemda menargetkan sebelum bulan ramadhan nanti jalan sudah rata dan lebar, begitu juga jalan Pramuka dan jalan Pemuda Setia.

Bupati menyadari, dampak pembangunan yang sedang dilaksanakan, terkadang menimbulkan ketidaknyamanan, khususnya pengguna jalan dan masyarakat yang lahannya terkena imbas pelebaran jalan. Untuk itu Irwan meminta, bagi masyarakat yang terganggu diharap memaklumi begitu juga bagi masyarakat yang lahannya terkena dampak pelebaran untuk mengikhlaskan.

"Terhadap masyarakat yang terganggu akibat adanya perbaikan jalan, saya minta dimaklumi dan jika ada tanah masyarakat yang terkena pelebaran agar dapat diikhlaskan, ini semua agar kota semakin terbuka, masyarakat yang tinggal semakin tenang dan nyaman," ucap Irwan seraya mengingatkan Kades untuk memberikan pengarahan pada masyarakat.

Bupati juga mengharapkan agar Desa Banglas bisa berkembang sangat cepat, serta menjadi pemukiman yang nyaman, karena pembangunan yang dilaksnakan bukan untuk pemerintah tapi tidak lain adalah untuk masyarakat banglas sendiri.

Bupati Irwan juga berpesan kepada Kades yang baru dapat melanjutkan program pembangunan yang ditinggalkan Kades lama, ia berharap pembangunan semakin ditingkatkan lagi menuju Meranti yang terdepan, terbilang, gemilang dan terbilang.

Akhir kata, Irwan menjelaskan, Pilkades merupakan sebuah tahapan persiapan pemilihan Bupati yang akan digelar Desember yang akan datang. Ia berpesan kepada masyarakat untuk tetap menjaga situasi aman dan kondusif dengan selalu menjaga persatuan dan kekompakan.

"Yang penting semua tetap bersatu dan kompak siapapun yang jadi Bupati nantinya tidak masalah asalkan mampu dan berkomitmen membangun Kabupaten Kepulauan Meranti lebih baik dimasa datang," pungkas Bupati.

Sekedar informasi, pada kesempatan itu juga dilakukan penyerahan cinderamata dari tokoh masyarakat Banglas, H Syamsudin Sulung, berupa pedang kepada Bupati Kepulauan Meranti, Drs Irwan MSi.

Turut hadir pada acara itu, Anggota DPRD, Muzakir, Wakapolres, Kompol STP Manulang SH, Kepala BPMPD, Drs Ikhwani, Camat Tebingtinggi, Drs Asroruddin MSi, Kapolsek Tebingtinggi, AKP Ade Rukmayadi SH serta tokoh masyarakat dan pejabat lainnya. (sus)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com