Kades Mesti Himpun Aspirasi Program Membangun Desa

Dibaca: 970 kali  Selasa,05 Mei 2015 | 03:51:00 WIB

Kades Mesti Himpun Aspirasi Program Membangun Desa
Ket Foto : Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, memasangkan tanda jabatan kepada Kepala Desa Lukun, Lukman, Selasa (5-5)

TEBINGTINGGI TIMUR - Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, kembali melakukan pelantikan Kepala Desa (Kades), kali ini Kepala Desa Sesap Kecamatan Tebingtinggi dan Kepala Desa Lukun Kecamatan Tebingtinggi Timur, Kabupaten Kepulauan Meranti, bertempat di Kantor Desa Sesap dan Lukun, Selasa (5/5).

Hadir dalam kesempatan itu, Asisten I Setdakab Kepulauan Meranti, Alizar SSos, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Drs Ikhwani MSi, Camat Tebingtinggi Drs Asrorudin MSi, Camat Tebingtinggi Timur, Helfandi SE MSi, tokoh masyarakat dan lainnya.

Pelantikan Kepala Desa Sesap, Jumri dan Kepala Desa Lukun, Lukman, diawali dengan pengucapan sumpah yang dilanjutkan dengan pemasangan tanda pangkat dan jabatan oleh Bupati Irwan kepada kedua Kades terpilih itu.

Dalam sambutannya, Bupati Irwan menegaskan agar kedua Kades terpilih dapat memberikan kebaikan dan dapat berbuat banyak pada Desa yang dipimpinnya, dengan tetap mengedepankan persatuan dan kesatuan serta kekompakan.

"Tidak boleh ada lagi perbedaan, Kades harus dapat merangkul seluruh masyarakat begitu juga masyarakat hendaknya mendukung Kades terpilih," himbau Irwan.

Menurut Irwan, setelah Kades terpilih didapat, artinya Kades tersebut bukan hanya milik satu kelompok atau tim sukses saja tetapi sudah menjadi milik seluruh masyarakat. "Kades terpilih harus mampu merangkul seluruh masyarakat, Kades merupakan Bapak bagi seluruh masyarakat, mari bersatu padu mendukung kemajuan Desa," ujar Bupati Irwan.

Peran Kades sangat strategis dalam mengkoordinasi seluruh program pembangunan Desa, namun hal itu tak akan terwujud jika tidak ada kerjasama antar Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dan Camat sebagai perwakilan Pemerintan Kabupaten. Untuk itu Bupati mengajak BPD dan Kades dapat bersatu padu menghimpun aspirasi masyarakat untuk bersama membangun Desa. "Mari tingkatkan kerjasama antara Kades dan BPD sebagai perwakilan masyarakat dalam rangka mensinkronkan rencana pembangunan," ucap Bupati.

Pada kesempatan iru Bupati Irwan juga mengucapkan terimakasih atas pengabdian Kades sebelumnya yakni mantan Kades Sesap Salamun dan mantan Kades Lukun, M Rauf.

Dijelaskan Bupati, dalam rangka mempercepat pembangunan Desa, saat ini Pemkab Kepulauan Meranti telah menganggarkan dana pembangunan Desa sebesar Rp1,4 Miliar perdesa dari APBD Kepulauan Meranti, anggaran ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk membangun infrastruktur yang dibutuhkan.

"Selain dengan BPD, Kades juga harus berkoordinasi dengan Camat dan SKPD lainnya," ucap Bupati.

Akhir kata, Bupati Irwan mengucapkan apresiasinya kepada masyarakat yang telah menunjukkan kedewasaan berpolitik, lewat penyelenggaraan Pilkades yang lancar, aman dan damai. Khususnya Pilkades Desa Lukun yang tergolong unik dan sangat Demokratis, meskipun hanya terjadi selisih satu suara namun bisa diterima oleh semua kelompok.

"Saya berharap Pilkades Lukun dapat menjadi contoh daerah lainnya dan kondisi aman, tertib dan lancar ini harus tetap dipertahankan demi Kepulauan Meranti yang cemerlang, terbilang dan gemilang," ucap Bupati. (rilis humas setda meranti)
 

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com