Bupati Irwan Apresiasi Perkembangan Tasik Putri Puyu

Dibaca: 1047 kali  Senin,11 Mei 2015 | 08:15:00 WIB

Bupati Irwan Apresiasi Perkembangan Tasik Putri Puyu
Ket Foto : Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi

TASIK PUTRI PUYU - Kabupaten Kepulauan Meranti terus berupaya menjadi yang terbaik dalam iven MTQ tingkat Provinsi Riau, untuk mewujudkannya, Kabupaten termuda di Riau ini terus melakukan penjaringan dan pembinaan Qori dan Qoriah terbaik, seperti melalui pelaksanaan MTQ mulai dari tingkat Desa, Kecamatan hingga Kabupaten.

Kali ini Bupati Kepulauan Meranti, Drs Irwan MSi, membuka MTQ Ke-3 tingkat Kecamatan Tasik Putri Puyu, bertempat di lapangan MTs Hidayatul Muthalib, Desa Mengkirau, Kecamatan Tasik Putri Puyu, Jumat (8/5) malam.

Turut hadir dalam acara tersebut, Tokoh agama KH Sholeh, Anggota DPRD Kepulauan Meranti, Fauzi SE, Edi Masyhudi, Kadis Sosnakertrans, Izhar, Kabag Humas, Ery Suhairi, Kabag Kesra, Rosdaner, Camat Tasik Putri Puyu, Fachrurrozi serta tokoh lainnya.

Dalam pidatonya diacara pembukaan MTQ tingkat Kecamatan itu, Bupati mengucapkan apresiasinya kepada masyarakat dan aparatur Kecamatan yang telah berhasil membangun Kecamatan Tasik Putri Puyu, meski merupakan sebuah Kecamatan baru, namun sudah mengalami perkembangan yang luar biasa.

"Saya melihat perkembangan yang luar biasa di Tasik Putri Puyu, meski usianya masih bayi tapi sudah dapat berlari kencang, terimakasih kepada masyarakat, Kades dan Camat," ujar Bupati Irwan.

Perkembangan Kecamatan Tasik Putri Puyu, terlihat pada pembukaan MTQ Kecamatan yang tergolong megah dan spektakuler, astaka indah yang dihiasi gemerlap lapu hias, semakin menambah semaraknya acara malam itu.

"Semua itu tentunya tak terlepas dari partisipasi dan dukungan dari ribuan masyarakat setempat yang sangat antusias untuk mensukseskan pembukaan MTQ tersebut," kata Bupati.

Dukungan masyarakat terlihat jelas dari kehadiran ribuan masyarakat yang memadati tempat acara, selain itu masyarakat di 10 desa nampak berlomba-lomba menampilkan semua potensi desanya dalam Bazar, mulai dari makanan sampai kerajinan.

Untuk itu, Bupati Irwan mengucapkan selamat kepada Pemerintah Kecamatan Tasik Putri Puyu, khususnya Desa Mengkirau selaku tuan rumah. "Pembukaan MTQ Ini sudah mulai mendekati level Kabupaten, mari pertahankan dan tingkatkan di tahun-tahun yang akan datang," ujar Bupati.

Melalui pembukaan MTQ ini, Irwan mengajak masyarakat dapat terus meningkatkan syiar islam menuju masyarakat Meranti yang Qurani, bukan saja mampu membaca Al-Quran dengan baik tapi juga memahami dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

"MTQ tidak sekedar berlomba membaca Al-Quran lebih dari itu, dapat melahirkan Qori terbaik yang dapat mewakili Kabupaten, dan kita harapkan Tasik Putri Puyu dapat menjadi yang terbaik pada MTQ Kabupaten," ucap Irwan.

Melihat kondisi Tasik Putri Puyu yang cukup banyak santri dan Kiyai, diyakini akan banyak menyumbang Qori dan Qoriah terbaik yang akan mewakili Meranti pada MTQ tingkat Provinsi. Seperti diketahui dalam MTQ tahun 2014 lalu, Kepulauan Meranti menjadi Kabupaten yang sangat diperhitungkan di 12 Kabupaten Kota, karena berhasil menjadi peringkat 2. Hal itu berkat peran LPTQ mulai tingkat Desa sampai Kecamatan yang bekerja keras mencari Qori dan Qoriah untuk dilatih menjadi yang terbaik.

"Tahun 2015 ini, Kepulauan Meranti kita canangkan menjadi nomor satu di Provinsi Riau, partisipasi masyarakat sangat diharapkan untuk membanggakan Kabupaten Kepulauan Meranti," harap Irwan.

Lebih jauh dijelaskannya, pelaksanaan MTQ di Kabupaten Kepulauan Meranti adalah salah satu bentuk dukungan pembangunan di Kabupaten termuda di Riau ini, Bupati Irwan menyadari pembangunan yang sedang digesa Pemerintah, bukan hanya di bidang infrastruktur dan ekonomi, yang tak kalah penting membangun akhlak manusia, yang salah satunya membaca Al-Quran.

"Kita ingin masyarakat Kepulauan Meranti menjadi insan yang beriman dan bertaqwa, ini salah satu prioritas yang harus kita bangun menuju masa meranti yang madani," papar Irwan.

Sementara Camat Tasik Putri Putu, Fachrurrozi, mengucapkan terimakasih dukungan dan antusias masyarakat yang luar biasa, tercatat sebanyak 2000 peserta mengikuti pawai taaruf serta bazar desa yang menampilkan seluruh potensi desa. Sebagai sebuah Kecamatan gudangnya Kaligrafi, Fachrurrozi berharap Tasik Putri Puyu dapat menjadi pusat pembinaan Kaligrafi di Kabupaten.

"Tasik Putri Puyu merupakan gudang Kaligrafi kami berharap Kecamatan ini dapat menjadi pusat pembinaan Kaligrafi di Kabupaten Kepulauan Meranti," harapnya.

Fachrurrozi juga mengucapkan terimakasih kepada Bupati, atas dukungan infrastruktur khususnya penerangan listrik, sehingga 6 Desa di Tasik Putri Puyu telah dapat dialiri dan menikmati listrik 24 jam.

"Buktinya pelaksanaan MTQ malam ini tidak membutuhkan genset, terimakasih atas perhatian penuh listrik jalan dan sebagainya, sehingga Tasik Putri Puyu sudah mulai sejajar dengan Kecamatan yang lebih dulu ada," ucapnya.

Sekedar informasi, pada kesempatan itu, Bupati Irwan juga berkesempatan melihat rumah nenek tua, Absiah, warga Mengkirau yang cukup memprihatinkan, yang dilanjutkan dengan meninjau pembangunan masjid Babul Khair di Desa Mengkopot yang cukup megah untuk ukuran masjid desa.

Tak lupa Bupati juga menyinggahi Madrasah dibawah binaan tokoh agama KH Sholeh di Mengkirau, dan terakhir bersilahturahmi di rumah salah seorang tokoh masyarakat, Fauzi SE, yang kini menjadi Wakil Rakyat di DPRD Kepulauan Meranti. (rilis humas setda meranti)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com