Liga Champion: Ingat, Barca Belum Pernah Kalah di Final

Dibaca: 881 kali  Kamis,14 Mei 2015 | 01:29:00 WIB

 Liga Champion: Ingat, Barca Belum Pernah Kalah di Final
Ket Foto :

Jakarta - Barcelona memastikan diri ke partai puncak setelah menyingkirkan Bayern Munich dengan aggregat 5-3. Blaugrana turut didukung rekor apik dalam usahanya meraih titel juara kelimanya.
 
Final di Berlin pada 6 Juni nanti akan menjadi yang kedelapan bagi Los Cules di kompetisi antarklub paling elite se-Eropa ini. Lionel Messi dkk. kini tinggal menunggu calon lawannya yang akan diperebutkan oleh Real Madrid dan Juventus.
 
Dalam sejarahnya, Barca sudah mengantongi empat titel juara pada 1992, 2006, 2009, dan 2011. Sejak 1992, di mana format Liga Champions bermula -- setelah dulu bernama European Cup atau Piala Champions -- Barca selalu tampil sebagai juara jika berhasil lolos ke final.
 
Satu-satunya kekalahan yang diderita Barca saat kompetisi sudah berubah format terjadi pada 1994. Meski begitu, format Liga Champions tersebut belum persis seperti sekarang karena masih menggunakan dua grup bukan delapan grup di babak penyisihan. Sedangkan format delapan grup seperti yang digunakan sekarang ini dimulai pada musim 1999-2000.
 
Final pertama Barca di Eropa berakhir dengan kekalahan. Pada 1961, Barca dikalahkan Benfica 3-2 sebelum kalah lagi di final oleh Steaua Bucharest lewat adu penalti 2-0 (0-0) pada 1986.
 
Sampai akhirnya pada 1992, Barca yang diperkuat Johan Cruyff berhasil mengangkat trofi pertamanya usai mengalahkan Sampdoria 1-0 di final. 'The Dream Team' Barcelona maju ke final lagi dua tahun kemudian tapi dikandaskan AC Milan 0-4 di Athena, Yunani.
 
Penantian panjang Barca terbayar 12 tahun berselang. Di bawah asuhan Frank Rijkaard, Barca mengalahkan Arsenal 2-0 di final yang menandai masa kejayaan pasukan 'Merah-Biru' ini di jagat sepakbola Eropa.
 
Pada 2009, Barca meraih trofi 'Si Kuping Besar' lagi dengan kemenangan 2-0 atas Manchester United di Roma, dan mengalahkan lawan yang sama dengan skor 3-1 di Wembley untuk mendapatkan gelar juara keempatnya. Demikian dikutip dari AS. (rep05)
Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com