Sekda Meranti Sambut Kunjungan Kerja Kapolda Riau

Dibaca: 2163 kali  Jumat,15 Mei 2015 | 04:49:00 WIB

Sekda Meranti Sambut Kunjungan Kerja Kapolda Riau
Ket Foto : Sekda Kepulauan Meranti, Drs H Iqaruddin MSi, turut menyambut kedatangan Kapolda Riau beberapa waktu lalu

SELATPANJANG - Kunjungan kerja Kapolda Riau, Brigjen Pol Dolly Bambang Hermawan, di Kabupaten Kepulauan Meranti beberapa waktu lalu, membawa angin segar bagi peningkatan pembangunan daerah yang baru berdiri lima tahun ini, khususnya dibidang keamanan dan ketertiban masyarakat.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti, Drs H Iqaruddin MSi, kepada merantionline.com di Selatpanjang, kemarin. Menurutnya, banyak hal yang perlu ditingkatkan, khususnya menyangkut fasilitas pendukung bagi jajaran kepolisian.

"Dukungan peran dari jajaran kepolisian bagi percepatan pembangunan Kabupaten Kepulauan Meranti memang sangat diperlukan, khususnya untuk menjamin stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat," ujarnya.

 



Dikatakannya, sebagai daerah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga dan provinsi tetangga, Kabupaten Kepulauan Meranti memerlukan perhatian khusus dalam pencegahan berbagai modus tindak kriminal.

"Sejalan dengan proses pembangunan segala bidang di daerah ini, maka tindak kriminalitas juga berpotensi mengalami peningkatan yang beragam, untuk itu kehadiran Kapolda di Kepulauan Meranti mampu menambah semangat jajaran kepolisian di daerah ini," ucapnya.

Pantauan merantionline.com, selain disambut oleh Sekda, kunjungan kerja Kapolda Riau disambut oleh Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Zahwani Pandra Arsyad SH MSi dan jajaran. Tidak hanya sejumlah pejabat utama Polda Riau yang ikut dalam kunjungan kerja ini, namun juga hadir Ketua Yayasan Kemala Bhayangkari Riau, Alief Laily Hermawan dan pengurus bhayangkari lainnya.

Suasana santai tampak saat makan malam di ballroom Grand Meranti Hotel Jalan Kartini Selatpanjang, Kamis malam. Usai santap malam, Kapolda dan rombongan kemudian berkeliling di sejumlah ruas jalan Kota Selatpanjang ditemani isteri dengan menggunakan becak.

 



Saat itu delapan unit becak sudah disiapkan di depan hotel. Kapolda dan isteri menaiki becak motor yang dikemudikan Haji Syafril atau akrab dipanggil Haji Jang. Dimulai dari Jalan Kartini, rombongan berbelok ke Jalan Imam Bonjol, Jalan Ahmad Yani, Jalan Tebingtinggi, Jalan Diponegoro dan kembali ke hotel di Jalan Kartini.

Untuk mengamankan lalulintas jalan, puluhan personil polisi dari Satuan Lalulintas dan Sabhara Polres Kepulauan Meranti berjaga di sejumlah persimpangan jalan yang dilalui. Iring-iringan becak motor yang ditumpangi Kapolda dan rombongan, juga mendapat pengawalan voorijder.

Wakapolres Kepulauan Meranti, Kompol STP Manulang SH, mengatakan, sejumlah pejabat utama Polda Riau yang ikut dalam kunjungan kerja Kapolda ke Kabupaten Kepulauan Meranti, antara lain, Irwasda, Kepala Biro SDM, Kepala Bidang Humas, Wadir Lantas dan Kepala Bidang Propam.

"Kunjungan kerja Kapolda Riau ke Polres Kepulauan Meranti dalam rangka melihat langsung kondisi Kamtibmas dan memberikan pengarahan kepada seluruh jajaran Kepolisian di daerah ini," ungkap Wakapolres.

Dalam kunjungan itu, Kapolda Riau Brigjen Pol Dolly Bambang Hermawan, menilai Polres Kepulauan Meranti membutuhkan fasilitas yang lebih dibandingkan polres lainnya di Riau. Wilayah yang terdiri dari pulau-pulau ini lebih membutuhkan alat transportasi air.

 



Hal itu dikatakan Kapolda Riau usai rapat internal bersama Kapolres, AKBP Z Pandra Arsyad yang dilanjutkan meninjau fasilitas yang ada guna menunjang kinerja seluruh jajaran satuan fungsi Kepolisian Resor Kepulauan Meranti, di Selatpanjang.

"Untuk kondisi wilayah Kepulauan Meranti seperti ini, yang paling dibutuhkan alat apung (transportasi air, red) supaya mudah dijangkau seluruhnya. Ini akan kita usulkan ke Mabes Polri, untuk sementara akan dibantu BKO Dit Polair Polda," kata Kapolda.

Menurut mantan Karo Pers Polda Riau tahun 2006 silam ini, meski masih dalam kondisi keterbatasan, Polres Kepulauan Meranti yang baru berumur 1 tahun lebih, sudah mampu menunjukkan perkembangan kinerja jajaran yang baik.

"Untuk wilayah Polres muda yang masih berumur satu tahun delapan bulan, Polres Kepulauan Meranti sudah sangat banyak prestasinya," tutur Kapolda.

 



Ditambahkannya, berada di wilayah terdepan Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, Polres Kepulauan Meranti masih banyak kekurangan fasilitas yang memadai, dimana untuk kedepannya mesti dapat disesuaikan dengan kondisi wilayah ini. (adv)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com