Hari Ini, 128.751 Murid SD di Riau Ikuti Ujian Sekolah

Dibaca: 629 kali  Senin,18 Mei 2015 | 03:44:00 WIB

  Hari Ini, 128.751 Murid SD di Riau Ikuti Ujian Sekolah
Ket Foto :

Pekanbaru-Senin (18/5), sebanyak 128.751 murid Sekolah Dasar (SD) sederajat akan melaksanakan Ujian Sekolah (US) di seluruh Provinsi Riau. Seluruh soal sudah sampai kesekolah tanpa kendala. Sehingga seluruh murid kelas VI bisa melaksanakan ujian dengan aman, tenang dan jujur.
 
Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Riau, Aswandi, Minggu (17/5) menjelaskan, total keseluruhan peserta yang akan mengikuti US SD sederajat tahun ini adalah sebanyak 128.751 orang, dengan rincian untuk SD sebanyak 120.681 peserta, Madrasyah Ibtidaiyah (MI) 7.004 orang, Paket A, 987 orang dan SDLB 79 orang.
 
Dia menjelaskan, untuk pelaksanaan US SD sederajat ini tetap memaki pengawas sistem silang, kecuali guru mata pelajaran. Sementara mata ujian hari pertama pada Senin yakni Bahasa Indonesia, hari kedua Matematika dan hari ketiga IPA.
 
"Pelaksanaan US SD sederajat dilaksanakan selama tiga hari. Satu hari dilaksanakan satu mata pelajaran. Sehingga siswa tidak merasa letih dalam menghadapi ujian," kata Aswandi.
 
Dijelaskannya, sejauh ini tidak ada laporan dari panitia US di kabupaten/kota terhadap kendala pendistribusian naskah ujian.
 
Karena pendistribusian soal, dilakukan pengawasan ketat oleh pihak universitas, polisi dan dinas pendidikan. Sehingga soal bisa diditribusikan tepat waktu dan tepat sasaran.
 
Penyimpanan soal di kabupaten/kota sebelumnya dititipkan di Polres, kecuali Pekanbaru dititipkan di Disdik kota. Kemudian didistribusikan ke setiap Polsek. Pada hari ini, soal dibagi kesetiap Unit Pelaksana Teknis (UPT) dinas pendidikan di setiap kecamatan. Sehingga pada pagi hari, memudahkan perwakilan sekolah untuk menjemput soal sebelum ujian dimulai.
 
Dia menambahkan, untuk penilaian ujian dilakukan 100 persen oleh masing-masing sekolah. Sementara untuk scane soal dilakukan oleh kabupaten/kota dan dikirimkan ke provinsi untuk mengisi score nilai ujian, terakhir diserahkan kembali kesekolah. Baru lah nilai US akan diisi oleh panitia ujian disekolah.
 
Pengumuman US akan dilaksanakan sesudah pengumuman SMP, atau sekitar awal Juli. Kemudian, pengumuman US paket A, direncanakan serentak diumumkan dengan US formal. Maka sesudah pengumuman, murid lulusan SD sederajat boleh melanjutkan ke sekolah menengah atas/sederajat sesuai dengan keinginannya.
 
"Saya berharap pelaksanaan US tahun 2015 berjalan lancar tanpa ada kendala. Sehingga seluruh murid bisa mengikuti ujian dengan baik, lancar dan jujur,"harapnya.(rep05/mcr)
 
Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com