Pemcam Tebingtinggi Timur Matangkan Festival Sagu 2

Dibaca: 1111 kali  Senin,18 Mei 2015 | 08:29:00 WIB

Pemcam Tebingtinggi Timur Matangkan Festival Sagu 2
Ket Foto : Festival Sagu Tebingtinggi Timur, Kepulauan Meranti

TEBINGTINGGI TIMUR - Kegiatan Festival Sagu 2 Tebingtinggi Timur terus dimatangkan oleh Panitia Penyelenggara. Kegiatan ini bertujuan untuk mengangkat kearifan lokal Sagu sebagai salah satu sumber pangan lokal yang bisa dijadikan alternatif sumber pangan Nasional dan Dunia.

Melalui Festival Sagu 2 di Tebingtinggi Timur ini terlihat adanya keinginan bersama antara masyarakat dan pemerintah Kabupaten menjadikan sagu sebagai cluster nasional yang menjadi kebanggaan masyaralat Kabupaten Kepulauan Meraanti.

"Setidaknya kegiatan ini adalah suatu bentuk mapping potensi kearifan lokal yang dimiliki Kecamatan dalam wilayah Kepulauan Meranti," kata Camat Tebingtinggi Timur, Helfandi SE MSi, di Selatpanjang, Minggu (17/5).

 



Dikatakannya, berbagai persiapan telah dilakukan panitia, mulai dari penyiapan arena Festival Sagu di halaman Kantor Camat, Jalan Abdul Jalil Sungaitohor, termasuk pondok-pondok sagu untuk peserta perwakilan Kecamatan se-Kabupaten Kepulauan Meranti dan Desa, serta tempat undangan masyarakat dan VVIP yang semuanya bermotif dari turunan sagu.

Event Festival Sagu 2 di Kecamatan ini merupakan even tahunan yang diselenggarakan oleh masyarakat setempat beserta jajaran pemerintah Kecamatan dan Desa se-Kecamatan Tebingtinggi Timur dan didukung oleh berbagai pihak.

 



Untuk Festival Sagu ke-2 ini, Helfandi mengatakan bahwa persiapan sudah hampir rampung. Bagi cabang Festival menggolek tual sagu, Menganyam atap rumbia, lari diatas tual sagu sudah bisa mendaftar sejak tanggal 12 Mei 2015 sampai tanggal 18 Mei ini khusus jalur masyarakat.

"Sedangkan jalur perwakilan instansi seperti Kecamatan, desa-desa, organisasi dan swasta dibuka pendaftaran sejak tanggal 12 sampai 21 Mei 2015, start lombanya tanggal 22 Mei 2015, sedangkan puncak acara pada 25 Mei 2015," ujarnya.

 



Menurut Helfandi, Sagu merupakan tanaman yang tepat karena bisa berdampingan hidup dengan kayu-kayu alam. Potensi perkebunan sagu bisa lebih dikembangkan dengan lebih baik lagi dan dapat dijadikan salah satu objek wisata kuliner, perkebunan serta industri.

"Mudah-mudahan even puncak festival sagu 25 Mei 2015 nanti dapat kita jadikan sebagai dukungan kepada Pemerintah Daerah dalam rangka pengembangan potensi sagu untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat," ucapnya. (rls)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com