Pemprov Riau Diminta Bantu Pendanaan Pemilukada

Dibaca: 671 kali  Senin,18 Mei 2015 | 02:56:00 WIB

Pemprov Riau Diminta Bantu Pendanaan Pemilukada
Ket Foto : ilustrasi

SELATPANJANG - Anggaran pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) tingkat Kabupaten/Kota di Riau hendaknya tidak hanya dibebankan kepada APBD Kabupaten/Kota. Dukungan dari APBD Provinsi Riau juga akan sangat berarti dalam menyukseskan pelaksanaan pesta demokrasi itu.

Demikian diungkapkan Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, dalam sambutannya saat menghadiri acara pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Kepulauan Meranti, di Grand Meranti Hotel, Selatpanjang, Senin (18/5).

Kepada Komisioner KPU Riau, Ilham Mohammad Yasir, yang hadir saat acara itu, Bupati Irwan menitipkan pesan agar Pemprov Riau turut membantu pendanaan Pemilukada di Kabupaten Kota.

"Itu sesuai dengan UU Nomor 23 Tahun 2014 bahwa Provinsi merupakan perpanjangan tangan Pemerintah Pusat dan Kabupaten Kota berada dibawah binaan Gubernur," kata Bupati.

Jika dalam Pilgubri lalu Kabupaten sudah membantu Provinsi, lanjut Irwan, maka dalam Pemilukada Kabupaten Kota, sudah selayaknya Provinsi membantu Kabupaten Kota di Riau. "Sesuai dengan kadar dan fungsinya," ujar Irwan lagi.

Sementara kapada para tokoh masyarakat, Kapolres dan Dandim, Bupati Irwan mengharapkan dalam menyambut pesta Demokrasi di Kabupaten Kepulauan Meranti, dapat mengawal proses Pemilukada itu secara Damai, Tertib dan Santun. (rep01)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com