*Lantik 3 Kades di Kecamatan Tasik Putri Puyu

Pertahankan Kondusifitas Pilkades di Pemilukada Meranti

Dibaca: 1396 kali  Rabu,20 Mei 2015 | 12:14:00 WIB

Pertahankan Kondusifitas Pilkades di Pemilukada Meranti
Ket Foto : Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, memasangkan tanda pangkat kepada Kepala Desa Dedap, Mansur, Rabu (20-5)

TASIK PUTRI PUYU - Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi melakukan pelantikan Kepala Desa (Kades) Tanjung Padang, Kades Dedap dan Kades Bandul di Kecamatan Tasik Putri Puyu, Rabu 20/5).

Dalam sambutannya saat pelantikan itu, Bupati Irwan meminta masyarakat mempertahankan kondusifitas Pilkades di Pemilukada Kepulauan Meranti Desember 2015 mendatang, Rabu 20/5).

Hadir dalam pelantikan itu, Anggota DPRD Meranti, Asmawi, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Drs Ihkwani, Camat Tasik Putri Puyu, Fachrurrozi, para Kaban, Kadis dan Kabag, tokoh masyarakat dan ratusan masyarakat yang menghadiri prosesi pelantikan.

Kepada Kades yang dilantik, Bupati meminta untuk berkerja keras membangun Desa masing-masing, dan tak lupa mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi dan berhasil menjaga kondusifitas Desa, kedepan segala perbedaan yang terjadi akibat persaingan Pilkades lalu harus dihilangkan.

"Ada banyak calon Kades dan tim sukses, kini saatnya membubarkan diri, mari bersama mendukung Kades terpilih untuk membangun Desa dan kepada Kades dapat merangkul masyarakat," ajak Bupati Irwan.

 



Dijelaskan Bupati, Pilkades serentak di Kabupaten Kepulauan Meranti merupakan momentum yang pertama di Indonesia, disaat Pemerintah Pusat masih mengkajinya, Meranti telah berhasil melakanakan Pilkades serentak dengan aman dan damai, itu membuktikan masyarakat Desa di Kepulauan Meranti telah dewasa dalam berpolitik.

"Ini bukti kedewasaan berpolitik dan sportifitas masyarakat. Jadikan ini modal kita membangun daerah agar lebih maju lagi, berikan pemikiran dan kontribusi agar Desa kita maju, Kecamatan maju dan Kabupaten  maju," ujar Bupati Irwan.

Selesai Pilkades, Meranti akan dihadapkan pada pesta Demokrasi Pemilukada bulan Desember 2015 mendatang. Dalam beberapa bulan kedepan diprediksi akan banyak muncul calon Bupati dan Wakil Bupati, Irwan berpesan kepada masyarakat tetap menjaga kondusifitas dan memberikan kesempatan kepada calon itu untuk bersaing sesuai visi dan misinya. Dan masyarakat Diberi kebebasan untuk memilih sesuai hati nurani.

"Senantiasalah jaga silaturrahmi, jangan terpecah belah dan terkotak-kotak lantaran jadi tim sukses," ujarnya, mengajak menggunakan cara-cara yang baik agar menghasilkan pemimpin yang baik pula.

Pada kesempatan itu, Irwan juga menyampaikan komitmen Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dalam membangun Desa. Salah satunya melalui Program Meranti Mandiri (PMM), yakni program pembangunan yang dirancang oleh Pemda untuk menjawab PNPM yang telah dihapuskan Pemerintah Pusat, Pemda menyadari PMM sangat didambakan oleh masyarakat Desa.

Melalui program itu, jelasnya, setiap desa akan mendapatkan rata-rata Rp 1,4 Miliar setahun, khusus Desa Tanjung Padang mendapat Rp 1,6 Miliar dan Desa Dedap dijatah Rp 1,5 Miliar.

"Dana ini boleh dibangun apa saja, berbagai infrastruktur strategis, karena memang untuk mengantisipasi jangan sampai desa tidak mendapat alokasi anggaran pembangunan dari APBD, maka kini langsung kita serahkan melalui kegiatan PMM," jelas Bupati.

Dana Desa itu sendiri akan disalurkan ke rekening Pemerintah Desa masing-masing, dimana pemanfaatanya dikoordinasikan dengan BPD dan masyarakat setempat, dalam menyusun perencanaan pembangunan desa.

"Jadi dana PMM ini dilaksanakan, diawasi dan dinikmati sendiri oleh masyarakat desa," ungkap Irwan.

Diingatkan Irwan, dana PMM itu hendaknya digunakan sebenar-benarnya karena harus dipertanggungjawabkan. "Mari manfaatkan anggaran itu dengan sebenar-benarnya karena akan diawasi dan diperiksa oleh Inspektorat Kepulauan Meranti, dan tidak menimbulkan masalah hukum dikemudian hari," tegas Bupati.

 



Sekedar informasi, Kades yang dilantik yakni Kades Tanjung Padang atas nama Abu Sufian, Kades Dedap atas nama Mansur dan Kades Bandul atas nama Zahari. Ketiga Kades tersebut dilantik langsung oleh Bupati disaksikan oleh ratusan masyarakat setempat.

Kegiatan pelantikan Kades Tanjung Padang, Kades Dedap dan Desa Bandul tersebut juga dikemas dengan penyerahan bantuan cadangan pangan kepada warga Tanjung Padang pasca musibah kebakaran lahan lalu berupa beras.

Selain itu Bupati Irwan juga menyerahkan Akte Kelahiran gratis untuk 141 Kepala Keluarga (KK) sebanyak 241 Akte Kelahiran, serta dilakukan peresmian Kantor Desa Tanjung Padang yang cukup representatif. (adv)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com