Imbang Tanpa Gol, Arsenal Selamatkan Kucing Hitam dari Degradasi

Dibaca: 549 kali  Kamis,21 Mei 2015 | 04:56:00 WIB

 Imbang Tanpa Gol, Arsenal Selamatkan Kucing Hitam dari Degradasi
Ket Foto :

LOndon-Arsenal kedatangan Sunderland dalam lanjutan Premier League pekan ke- 37 di Emirates Stadium, Kamis (21/5/2015) dini hari WIB. Tampil menekan serta mendominasi jalannya laga, The Gunners tak mampu mencetak satupun gol ke gawang tamunya tersebut.
 
Hasil ini membuat Kucing Hitam -julukan Sunderland- dipastikan lolos dari jurang degradasi musim ini. Pasalnya, 38 poin yang diraih tim asuhan Dick Advocaat tersebut takkan mampu dikejar oleh Hull City dengan Premier League hanya menyisakan satu pertandingan.
 
Jalannya Pertandingan
 
Babak Pertama
 
Babak pertama baru berlangsung enam menit, Jack Wilshere sudah memberikan ancaman terhadap lini pertahanan Sunderland. Berawal dari kerja sama apiknya dengan Santi Cazorla, Wilshere coba mendekati gawang Costel Pantilimon. Namun, pergerakannya masih mampu diamankan oleh Patrick van Aanholt.
 
Delapan menit berselang, giliran sepakan dari Alexis Sanchez yang mengancam gawang Pantilimon. Akan tetapi, sikap tenang dari kiper asal Romania tersebut mampu mementahkan tembakan yang dilepaskan oleh Sanchez.
 
Jermain Defoe! Hampir saja membawa Sunderland unggul di menit 19. Berawal dari serangan balik cepat yang dimotori oleh Adam Johnson, eks penyerang Tottenham Hotspur itu yang menerima operan langsung bergerak mendekati gawang Arsenal. Beruntung kiper tuan rumah, David Ospina yang keluar dari sarangnya memotong pergerakan dari Defoe.
 
Memasuki 30 menit jelang turun minum, Oliver Giroud kembali membuat lini pertahanan Sunderland terancam. Usai sukses melewati hadangan dari John O’Shea, penyerang Timnas Prancis itu menyudahi aksinya dengan sepakan terukur ke gawang tim tamu. Namun, sepakannya tak menemui sasaran.
 
Pada menit 39, Arsenal lagi-lagi membuat peluangnya untuk dapat unggul dari Sunderland via sepakan Sanchez. Mendapatkan operan dari Mesut Ozil, mantan pemain Barcelona itu coba melepaskan tembakan spekulasi dari luar kotak penalti. Akan tetapi, sepakannya masih mampu diamankan oleh Pantilimon.
 
Babak Kedua
 
Kick-off babak kedua baru berlangsung empat menit, Sunderland sudah memberikan ancaman nyata kepada Arsenal. Berawal dari umpan silang Lee Cattermole, Steven Fletcher yang menerima langsung melepaskan tembakan ke gawang Arsenal. Namun, tembakannya mampu diamankan oleh Ospina.
 
Enam menit berselang, giliran Arsenal yang menerima peluang emas. Mendapatkan umpan dari Hector Bellerin, Giroud menyambutnya dengan sepakan setengah voli ke gawang Sunderland. Namun, Pantilimon kembali sukses menyelamatkan gawangnya dengan menepis bola sepakan itu.
 
Sanchez kembali nyaris membobol gawang Sunderland di menit 60. Berawal dari sodoran Bellerin, eks bomber Udinese itu yang sukses melewati hadangan O’Shea, langsung melepaskan tembakan ke gawang Pantilimon. Namun, para pemain bertahan Sunderland mampu menghalau arah bola sepakan dari Sanchez tersebut.
 
The Walcott hampir saja memperindah laga ke 300 dengan sebuah torehan gol untuk Arsenal. Sukses menyisir sisi kiri pertahanan Sunderland, winger 26 tahun itu menyudahi aksinya dengan sepakan terarah ke gawang Pantilimon. Namun, Sergio Coates masih mampu menyapu bola keluar arena pertandingan.
 
Billy Jones nyaris menciptakan gol bunuh diri ke gawang Sunderland pada menit 74. Berniat menghalau bola yang dilepaskan oleh Bellerin, bek 28 tahun itu lalu menanduk bola yang justru mengarah ke gawangnya sendiri. Beruntung bagi tim tamu, tandukannya tersebut masih membentur mistar gawang.
 
Pantilimon benar-benar menjadi momok kepada lini serang Arsenal untuk mencetak gol. Bagaimana tidak, eks kiper Manchester City kembali mementahkan peluang emas yang didapat tim tuan rumah via lesakan jarak dekat dari Walcott di penghujung laga.
 
Hingga peluit panjang ditiupkan sang pengadil lapangan bertanda usainya pertandingan, tak ada satupun gol yang mampu dicetak oleh kedua kesebelasan. Tim tuan rumah Arsenal hanya mampu bermain imbang 0-0 dengan tamunya, Sunderland.
 
Susunan Pemain:
 
Arsenal: Ospina; Bellerin, Mertesacker, Koscielny, Gibbs; Ramsey, Cazorla, Wilshere (Walcott 66’), Ozil (Rosicky 80’), Sanchez; Giroud.
 
Sunderland: Pantilimon; O’Shea,Coates, Jones, Van Aanholt; Johnson (Buckley 76’), Cattermole, Larsson; Defoe, Wickman (Rodwell 46’), Graham (Fletcher 46’). (rep05)
Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com