Siswa Diharap Lanjutkan Pendidikan Setinggi Mungkin

Dibaca: 1141 kali  Kamis,21 Mei 2015 | 12:16:00 WIB

Siswa Diharap Lanjutkan Pendidikan Setinggi Mungkin
Ket Foto : Bupati Kepulauan Meranti, Drs H irwan MSi, saat tiba di SMPN 4 Tebingtinggi, Kamis (21-5)

SELATPANJANG - Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, menghadiri acara perpisahan siswa kelas IX SMPN 4 Tebingtinggi tahun 2015, dalam acara melepas siswa-siswi dikembalikan kepada wali murid tersebut, Bupati Irwan berharap kepada para pelajar SMPN yang lulus Ujian Nasional (UN) lalu, dapat melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi, dan kepada yang tidak mampu, namun berprestasi segera beritahu Pemda untuk diberikan bantuan.

"Untuk jadi orang kaya dan sukses yang utama adalah berilmu, dengan ilmu semua bisa jadi orang kaya, saya harapkan kepada orang tua dapat melanjutkan sekolah anak setinggi mungkin, jangan ada yang tidak melanjutkan pendidikan. Jika tidak ada biaya tolong disampaikan kepada Pemda," ujar Bupati dihadapan ratusan wali murid yang menghadiri acara perpisahan dihalaman SMPN 4 Tebingtinggi, Kamis (21/5).

Bupati juga menegaskan kepada sekolah baik SMU, Madrasah Aliyah, saat penerimaan siswa mendatang jangan mengeluarkan syarat yang susah dan pungutan diluar ketentuan. "Syarat-syarat yang dikeluarkan sekolah harus mudah dan jangan ada pungutan yang aneh-aneh," tegas Bupati.

Agar siswa dan siswi tamatan SMP sederajat mampu bersaing dan mudah mendaftar di sekolah favorit, baik di Kepulauan Meranti maupun diluar daerah, Bupati Irwan berharap saat pengumuman UN tingkat SMP sederajat yang akan dimumkan 9-10 Juni 2015 mendatang, seluruh siswa dan siswi di Meranti yang mengikuti UN dapat lulus dan meraih nilai tebaik, mengikuti kesuksesan hasil UN tingkat SMU sederajat, dimana Kabupaten Meranti meraih peringkat II terbaik se-Provinsi Riau.

"Bagi siswa yang menunggu hasil UN SMP, saya harapkan dapat lulus semua, dan meraih prestasi tertinggi, mengikuti kesuksesan UN tingkat SMU lalu, agar siswa dan siswi sekalian dapat diterima di sekolah favorit, baik di Meranti maupun diluar daerah," harap Irwan.

 



Bupati Irwan juga berkesempatan menyaksikan pentas kreasi para siswa dan siswi SMPN 4 Tebingtinggi, yang menampilkan mulai dari tarian, pidato, baca Al-Quran serta permainan alat musik tradisional, tak lupa Bupati mengucapkan apresiasinya. Menurut Bupati apa yang ditampilkan itu tidak kalah dengan kreatifitas anak-anak yang bersekolah di kota yang fasilitasnya lebih maju. Khusus untuk tarian, Bupati menilai sudah layak untuk mewakili Kepulauan Meranti ditingkat Nasional.

"Ini merupakan potensi yang luar biasa dan layak dikembangkan, saya optimis disini nanti akan lahir calon-calon pemimpin masa depan," ujar Bupati Irwan diikuti tepuk tangan gemuruh para siswa.

Bupati berpesan kepada para pelajar, meski tinggal di sebuah Kabupaten baru, jangan minder karena dengan belajar sunguh-sunguh apapun dapat diraih, dicontohkan dirinya sebagai anak asli Kepulauan Meranti mampu menjadi sukses dan kini menjabat sebagai Bupati.

Kepada para siswa dan wali murid, Bupati menegaskan harus pintar membawa diri, di era globalisasi saat ini, apapun bisa diakses lewat internet, jangan sampai terpengaruh dampak negatif lingkungan.

"Para guru dan orang tua mari bentengi putra-putri kita dari pengaruh buruk globalisasi, kepada siswa dan siswi semuanya tergantung dari diri masing-masing, mau jadi baik atau buruk, karena masa depan kita tergantung dari diri sendiri," ucap Bupati.

Kepada Kades setempat, yakni Banglas Barat yang kebetulan hadir, Bupati meminta turut mendukung dunia pendidikan Meranti, dengan ikut menjaga ketertiban lingkungan khususnya sekitar sekolah baik dari pengaruh negatif lingkungan maupun narkoba.

"Jika kondusif para siswa dapat bersekolah dengan tenang dan tumbuh kepercayaan orang tua untuk menyekolahkan anaknya disini," ucap Bupati yang mengetahui SMPN 4 masih kekurangan murid.

Sedikitnya murid di SMPN 4 Selatpanjang yang rata-rata perkelas hanya diisi oleh 25 orang, dinilai Bupati cukup ideal, karena mengacu pada sekolah modern saat ini, lebih mengedepankan kualitas bukan banyaknya murid, dengan murid yang berjumlah sedikit maka proses belajar mengajar akan lebih optimal, sehingga peserta didik dapat menyerap ilmu lebih baik yang berujung pada peningkatan prestasi siswa.

"Ini sudah cukup, jangan terlalu banyak siswa, perkelas paling banyak 25 orang saja," ucap Bupati.

Terkait Letak sekolah, Bupati menilai SMPN 4 Tebingtinggi sangat strategis karena posisinya agak kedalam, jauh dari keributan dan hiruk pikuk kota.

"Lokasi sekolah Ini sangat strategis, masuk kedalam sehingga para siswa dapat lebih tenang belajar," jelasnya.

 



Dalam rangka memudahkan dan mendukung infrastruktur, Bupati Irwan berjanji akan memperbaiki jalan Rintis menuju SMPN 4 Tebingtinggi yang cukup memprihatinkan, dan direncanakan sebelum lebaran nanti, masyarakat sudah dapat menikmati jalan yang mulus.

"Dua Minggu lagi jalan Rintis diperbaiki dan jalan menuju SMPN 4 ini juga akan kita perbaiki dan sebelum lebaran kita harapkan sudah tuntas," ujar Irwan lagi.

Pada kesempatan itu, juga diberikan kesempatan kepada salah seorang wali murid, ayahanda dari Siti Hardiyanti, yang mengajak kepada semua wali murid untuk melanjutkan pendidikan anak-anaknya ke jenjang yang lebih tinggi, menurutnya hanya dengan pendidikan dan pengetahuanlah seseorang bisa berhasil dan bangsa ini bisa maju.

"Kita butuh generasi yang berpengetahuan untuk memimpin negeri ini," ujarnya yang tak lupa mengucapkan terimakasih atas jasa majelis guru yang telah mendidik anaknya.

Sekedar informasi dalam acara itu turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Meranti, Drs M Arif MN MPdi, Camat Tebingtinggi, Drs Asrorudin MSi, Kepala SMPN 4, Syafi'i dan jajaran majelis guru, Kades, serta ratusan wali murid siswa SMPN 4 Tebingtinggi. (adv)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com