Bunga Bangkai Langka Tumbuh di Desa Melai Rangsang Barat

Dibaca: 4524 kali  Sabtu,23 Mei 2015 | 11:40:00 WIB

Bunga Bangkai Langka Tumbuh di Desa Melai Rangsang Barat
Ket Foto : Bunga Bangkai jenis Amorphophallus Titanum tumbuh di perkarangan rumah Sri Harsiwi di Desa Melai, Rangsang Barat, Kepulauan Meranti

RANGSANG BARAT - Sekuntum bunga bangkai langka jenis Amorphophallus Titanum ditemukan tumbuh di Desa Melai, Kecamatan Rangsang Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau. Bunga ini pertama kali ditemukan oleh Sri Harsiwi, pemilik perkarangan rumah tempat bunga itu tumbuh di Jalan Parit Pisang Desa Melai, Jumat (22/5) sore.

Dari foto yang dikirimkan Suhartono, Guru SD Negeri 8 Desa Melai ke redaksi merantionline.com, Sabtu (23/5), terlihat bunga itu masih tumbuh kerdil, dimana jika tumbuh normal, tinggi bunga bisa mencapai lebih dari tinggi orang dewasa.

 



Suhartono mengatakan, belum banyak warga sekitar yang tahu tentang tumbuhnya bunga tersebut. Sabtu pagi keberadaan bunga itu baru dikunjungi oleh murid-murid SD Negeri 8 Desa Melai, Kecamatan Rangsang Barat.

"Karena tergolong bunga langka, kami sengaja mengajak anak-anak (murid SD) melihat langsung ke tempat tumbuhnya bunga ini," kata Suhartono.

 



Untuk keamanan bunga dari gangguan tangan-tangan jahil, lanjutnya, dia telah mengusulkan kepada pemilik perkarangan rumah tempat bunga itu tumbuh untuk segera memagarinya.

Untuk diketahui, bunga yang umum disebut bunga bangkai ini disebabkan bunganya yang memang mengeluarkan bau seperti bangkai yang membusuk. Hal itu dimaksudkan untuk mengundang kumbang dan lalat untuk menyerbuki bunganya. (rep01)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com