Danrem 031 Wirabima: TNI Siap Kawal Pilkada Serentak di Riau

Dibaca: 883 kali  Senin,25 Mei 2015 | 02:16:00 WIB

 Danrem 031 Wirabima: TNI Siap Kawal Pilkada Serentak di Riau
Ket Foto :

Pekanbaru-Tentara Nasional Indonesia (TNI) menyatakan siap untuk mengawal jalannya pemilihan kepala daerah (Pilkada) di sembilan kabupaten/kota di Provinsi Riau yang akan dilaksanakan serentak pada Desember mendatang.
 
"Kesiapan sudah dilakukan dengan koordinasi intens baik internal maupun dengan Komisi Pemilihan Umum dan masing-masing pemda yang akan melaksanakan Pilkada serentak," kata Danrem 031/Wirabima Brigjen TNI Nurendi kepada pers di Kampar, Sabtu (23/5).
 
Ketika itu Danrem bersama petinggi TNI daerah lainnya sedang berkunjung ke Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya (P4S) Karya Nyata, Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kampar dengan didampingi Bupati Jefry Noer serta beberapa kepala dinas terkait.
 
"Untuk jumlah personel yang akan disiapkan tentunya akan disesuaikan dengan kebutuhan dan hasil dari pemetaan wilayah oleh masing-masing Kodim," katanya.
 
Yang jelas, lanjut dia, pengamanan akan dilakukan semaksimal mungkin berkoordinasi dengan kepolisian agar Pilkada serentak berjalan baik tanpa ada gangguan keamanan yang dapat memicu konflik luas.
 
Sebelumnya diinformasikan, persiapan Pilkada serentak 2015 di sembilan kabupaten/kota di Provinsi Riau yaitu di Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis, Kepulauan Meranti, Indragiri Hulu, Pelalawan, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kuantan Singingi dan Siak sudah cukup matang.
 
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau Nurhamin mengatakan tahap persiapan telah dilakukan mulai dari perencanaan, anggaran dan lembaga ad hock. Di mengatakan, saat ini Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) sudah terbentuk dan sudah dilantik.
 
Katanya itu tahap awal untuk mendukung pelaksanaan di waktu yang telah ditentukan. Pemetaan juga sudah dilakukan termasuk mengenai data pemilih tetap. Sementara itu, lanjut dia, pelaksanaan penyusunan anggaran Pilkada kabupaten/kota di Provinsi Riau seperti Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) sudah selesai. Sedangkan pencairan anggarannya dilakukan sesuai dengan kebutuhan masing-masing daerah. (rep05)
Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com