Indonesia Targetkan 72 Medali Emas di Sea Games

Dibaca: 678 kali  Rabu,27 Mei 2015 | 06:33:00 WIB

 Indonesia Targetkan 72 Medali Emas di Sea Games
Ket Foto :

Jakarta-Indonesia mematok target realistis dalam ajang SEA Games 2015 Singapura. Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengatakan, target utama Indonesia dalam pesta olahraga se-Asia Tenggara ke-28 ini adalah naik peringkat dibanding pencapaian dalam SEA Games Myanmar. 
      
Ketika itu, Indonesia tercecer di peringkat ke-4 dengan raihan 65 medali emas. "Tahun ini, target kami minimal 72 emas," ujarnya seusai pelepasan kontingen Sea Games 2015 di halaman depan Istana Merdeka Selasa (26/5/2015).
      
Menurut Imam, dengan raihan minimal 72 emas, Indonesia diharapkan bisa naik ke peringkat dua. Namun, politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengakui jika target peringkat kedua itu pun tidak akan mudah karena ketatnya persaingan. "Thailand, Vietnam, dan tuan  rumah (Singapura) itu lawan berat," sebutnya.
      
Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang kemarin melepas kontingen pun memberi suntikan motivasi sebelum berlaga di Singapura pada 5-16 Juni nanti. "Saudara-saudari adalah atlet terpilih yang mewakili bangsa Indonesia, saya apresiasi setinggi-tingginya," katanya.
      
Menurut Jokowi, dirinya sudah mendapat laporan dari Menpora terkait berbagai persiapan yang dilakukan sejak 2014 lalu. Karena itu, dia pun meminta kepada seluruh atlet untuk berupaya maksimal di medan laga pertandingan. "Semangat juang pantang menyerah, itulah modal dasar paling penting yang harus kita miliki," ucapnya.
      
Dalam pelepasan kontingen kemarin, presiden juga sempat berdialog singkat dengan dua orang atlet, yakni Boni dari cabang dayung dan Sera dari cabang atletik lari 100 meter. Dalam kesempatan itu, Boni menyampaikan target perolehan 13 emas dari dayung dan Sera menargetkan 2 emas dari lari. "Berarti dari dayung dan lari 100 meter minimal 15 emas, saya catat betul ini ya," ujar Jokowi lantas tersenyum.
      
Sementara itu, Deputi bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Djoko Pekik Irianto mengatakan, Sea Games 2015 akan diikuti 11 negara dengan 36 cabang olahraga. Indonesia akan mengirim 522 atlet dan 226 pembimbing, serta pelatih. "Indonesia ikut 32 cabang olahraga," sebutnya.(rep05)
 
Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com