Komisi A DPRD Meranti Bahas Anggaran Panwaslu

Dibaca: 1283 kali  Rabu,27 Mei 2015 | 10:06:00 WIB

Komisi A DPRD Meranti Bahas Anggaran Panwaslu
Ket Foto : Rapat dengar pendapat antara Komisi A DPRD Kepulauan Meranti dengan Panitia Pengawas Pemilu

SELATPANJANG - Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Meranti meenggelar rapat dengar pendapat dengan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Kepulauan Meranti, Rabu (27/5). Salah satu yang dibahas dalam rapat ini yakni menyangkut anggaran.

Kegiatan di ruang rapat Kantor DPRD Kepulauan Meranti itu dipimpin oleh Ketua Komisi A, Endang Miratna SH, bersama anggota Komisi A lainnya, Marhisyam SKom dan Azni Syafri. Sementara dari Panwaslu hadir Ketua Hanafi SSos serta anggota Katmuji dan Syaferdi.

Ketua Panwaslu, Hanafi menjelaskan, bahwa lembaganya bersifat adhock yang artinya hanya berkerja pada saat ada kegiatan saja, yakni jika ada pemilihan umum legislaif, presiden dan kepala daerah.

"Pada tahun 2015 ini panwaslu hanya berkerja 8 bulan saja, sementara untuk Panwascam 5 bulan," ujarnya.

Panwaslu Kepulauan Meranti, ungkap Hanafi, sebelumnya telah mengajukan usulan anggaran untuk pengawasan proses Pemilihan Kepala Daerah sebesar Rp 5,3 Miliar, namun yang sudah dianggarkan Rp2 Miliar.

"Anggaran itu menjadi modal untuk kita berkerja, mengawasi penyelenggara pemilu dan pemilih pemilu," ucapnya.

Ketua Panwaslu juga memaparkan bahwa anggaran panwaslu itu hanya bersifat honor saja untuk seluruh Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) sebanyak 1 orang setiap desa dan ada juga pengawas TPS.

"Semua itu bertugas mengawasi pemilu mulai dari KPU Kabupaten sampai ke PPS. Untuk perekrutan panitia pengawas kecamatan (Panwascam) dimulai besok 28 Mei sampai dengan 1 Juni 2015," ungkapnya.

dari penjelasan itu, Ketua Komisi A DPRD Kepulauan Meranti, E Miratna SH berharap agar Panwaslu bisa berkerja dengan lebih maksimal dalam mengawasi Pemilihan Umum Kepala Daerah Kepulauan Meranti tahun ini.

"Kita semua menginginkan agar pemilihan umum kepala daerah tahun ini berjalan sesuai aturan dan hasilnya bisa berkualitas," harapnya. (adv)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com