Kades Berperan Penting Untuk Kesejahteraan Masyarakat

Dibaca: 930 kali  Jumat,29 Mei 2015 | 06:57:00 WIB

Kades Berperan Penting Untuk Kesejahteraan Masyarakat
Ket Foto : Foto bersama usai pengambilan sumpah dan pelantikan tiga kepala desa

TEBINGTINGGI TIMUR - Melalui tugas pokok dan fungsinya, seorang Kepala Desa berperan penting bagi kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, setiap program dan pelayanan yang diberikan, diharapkan berdampak positif terhadap kehidupan sosial masyarakat.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah, Drs H Iqaruddin MSi, dalam sambutannya mewakili Bupati Kepulauan Meranti, saat Pelantikan 3 Kepala Desa di halaman Kantor Camat Tebingtinggi Timur, di Sungaitohor, Kamis (28/5).

"Tugas-tugas Kades sangat berperan dalam pembangunan, terutama dalam memberikan pelayanan optimal bagi kesejahteraan masyarakat," ujar Sekda.

Dalam menjalankan tugas-tugas tersebut, lanjut Sekda, Kepala Desa harus memiliki kemampuan membangun tiga kekuatan dalam dirinya selaku Kepala Pemerintahan di Desa.

"Tiga kekuatan yang harus dimiliki Kades, yakni kekuatan sebagai administrator pemerintahan, kekuatan sebagai administrator pembangunan dan kekuatan sebagai administrator sosial masyarakat," ingatnya.

Setelah dilantik sebagai Kepala Desa, harapnya, para Kades hendaklah pandai menjaga hati masyarakat. Jangan ada lagi perpecahan atau perselisihan antar masyarakat, atau dengan komponen pemerintahan di desa yang disebabkan perbedaan pilihan saat Pilkades lalu.

"Kepala Desa saya minta untuk ikut turun langsung berkerjasama dengan masyarakat dan komponen lainnya di desa, dalam rangka menyukseskan program-program pembangunan," harapnya.

Adapun tiga Kepala Desa terpilih yang dilantik oleh Sekda mewakili Bupati Kepulauan Meranti, yakni Kepala Desa Nipahsendanu, Juliadi AMd untuk periode ke-2, Kepala Desa Tanjung Gadai, Rasyid dan Kepala Desa Telukbuntal, H Atan Ismail untuk periode ke-3.

Turut hadir mendampingi Sekda pada acara itu, antara lain, Asisten Bidang Administrasi Pemerintahan, Alizar SSos, Camat Tebingtinggi Timur, Helfandi SE MSi, Kapolsek Tebingtinggi, AKP Ade Rukmayadi SH, Sekretaris BPMPD, Husni Gamal SPdi dan para Kepala Desa lainnya se-Kecamatan Tebingtinggi Timur. (rls/rep01)
 

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com