BLH Meranti Koordinasikan Perbaikan Poin Adipura

Dibaca: 1025 kali  Jumat,29 Mei 2015 | 10:50:00 WIB

BLH Meranti Koordinasikan Perbaikan Poin Adipura
Ket Foto : Ilustrasi

SELATPANJANG - Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Kepulauan Meranti akan berupaya mengkoordinasikan perbaikan hasil perolehan poin penilaian Adipura. Tahun ini Kota Selatpanjang masih memperoleh poin terendah se-Provinsi Riau.

"Dari hasil penilaian pertama pada tahun ini, Kota Selatpanjang masih menempati urutan ke 12 dari 12 Ibukota Kabupaten dan Kota yang menjadi peserta penilaian Adipura se-Provinsi Riau," ungkapnya, Jumat (29/5).

Dijelaskannya, dari penilaian aspek kebersihan dan keindahan, Kota Selatpanjang hanya meraih 51 poin. Padahal poin yang dibutuhkan untuk mendapatkan sertifikat Adipura minimal 71 poin.

Menurutnya, kondisi tempat pembuangan dan pengolahan sampah adalah aspek utama rendahnya nilai Adipura, dimana sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) tidak boleh dibakar ataupun ditimbun. "Hal itu masuk ke dalam komponen utama penilaian Adipura," ujarnya.

Jika sampah di TPA dibakar, lanjut Kepala BLH ini, akan berdampak kepada polusi udara. Sedangkan bila sampah itu ditimbun, maka akan menimbulkan pencemaran air.

"Memang kelemahan kita masih pada sistem pengelolaan sampah. Lokasi pembuangan sampah belum dilengkapi gapura dan penunjuk lokasi, TPA itu juga tidak mempunyai drainase," ucapnya.

Irmansyah menerangkan, penilaian Adipura terhadap Kota didasarkan pada jumlah penduduk. Untuk kota dengan jumlah penduduk 1 juta keatas masuk kategori Kota Metropolitan. Sementara Kota Selatpanjang masih masuk dalam kategori Kota Kecil, karena berpenduduk dibawah 100 ribu jiwa.

"Kedepan BLH akan terus mengkoordinasikan upaya untuk perbaikan poin Adipura bersama Satuan Kerja lainnya," terangnya. (adv)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com