Jelang Puasa, Disperindag Pekanbaru akan Sidak ke Pasar

Dibaca: 585 kali  Kamis,04 Juni 2015 | 02:29:00 WIB

 Jelang Puasa, Disperindag Pekanbaru akan Sidak ke Pasar
Ket Foto :

Pekanbaru-Sudah menjadi kebiasaan, setiap menjelang bulan suci Ramadhan harga-harga sembako mengalami kenaikan. Kenaikan ini dilakukan pedagang dalam memanfaatkan semakin tingginya permintaan masyarakat atas sembako tersebut.
 
Terkait hal ini, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru akan berupaya mengantisipasi agar lonjakan harga tidak terlalu tinggi terjadi. Diantaranya dengan melakukan sidak ke sejumlah pasar dan gudang sembako.
 
Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kota Pekanbaru, Mas Irba Sulaiman, Rabu (3/6) di Pekanbaru mengatakan, dalam sidak yang dilakukan pihaknya akan memantau berapa tingkat harga dan kenaikan sembako yang terjadi menjelang bulan Ramadhan ini.
 
"Hal ini kita lakukan karena pada bulan Juni ini ada trend kenaikan harga beberapa jenis sembako, seperti cabe merah dan bawang merah di pasar. Kalau kenaikannya tidak lebih lima persen tidak menjadi masalah. Tapi kalau lebih, itu yanag jadi masalah," ungkapnya.
 
Karena itu, pihaknya akan berupaya agar jangan sampai kenaikan harga sembako melebihi dari lima persen. Kalau memang ada beberapa jenis sembako yang naik melebihi lima persen, maka petugas Disperindag akan mencari tahu kenapa sampai terjadi begitu.
 
Selain memantau harga, sidak yang dilakukan pihaknya juga untuk mengetahui persediaan sembako menjelang lebaran dan untuk kebutuhan Ramadhan serta Idul Fitri nanti. "Kita akan terus memantau kepastian pasokan sembako untuk lebaran dan idul fitri," ujarnya.(rep05/mcr)
 
Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com