*Pelantikan Kepala Desa di Kecamatan Rangsang Pesisir

Tiga Kades Kompak Nyatakan Siap Rangkul Seluruh Masyarakat

Dibaca: 1824 kali  Jumat,05 Juni 2015 | 02:20:00 WIB

Tiga Kades Kompak Nyatakan Siap Rangkul Seluruh Masyarakat
Ket Foto : Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, disambut masyarakat saat tiba di Desa Tanah Merah, Kecamatan Rangsang Pesisir, Kamis (4-6)

RANGSANG PESISIR - Kedewasaan berpolitik di di Kabupaten Kepulauan Meranti, bukan saja ditunjukkan oleh masyarakat pemilih yang ditandai dengan pelaksanaan Pilkades aman dan damai, tapi juga oleh Kades terpilih yang kompak menyatakan sikap akan merangkul seluruh kelompok masyarakat yang memilihnya maupun tidak.

Seperti pernyataan tegas diungkapkan oleh Kepala Desa Tanah Merah, Kepala Desa Bungur dan Kepala Desa Tanjung Kedabu, Kecamatan Rangsang Pesisir, saat dilantik Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, Kamis (4/6) kemarin.

"Terimakasih atas partisipasi masyarakat melaksanakan Pilkades, dalam Pilkades terjadi perbedaan merupakan hal biasa, dengan adanya perbedaan itu dapat mengasah cara berfikir masyarakat yang membuat masyarakat lebih cerdas. Kini mari jalin persatuan dan kebersamaan membangun desa," ujar Rusli, Kades Tanah Merah, usai dilantik Bupati.

 



Hal senada juga diutarakan oleh Kades Bungur terpilih Muhammad Ali dan Kades Tanjung Kedabu, Posmo Marutala (Bang Bob), dihadapan Bupati dan ratusan masyarakat yang menghadiri pelantikan Kades terpilih.

"Yang memilih dan tidak memilih saya akan sama-sama diberikan pelayanan maksimal, jangan ada keraguan dihati masyarakat, dalam membangun Desa tidaklah mudah, kami butuh dukungan seluruh lapisan masyarakat," ujar Muhammad Ali.

Menyikapi hal tersebut, Bupati Irwan mengapresiasi Kades terpilih dan seluruh masyarakat khususnya di Kecamatan Rangsang Pesisir, tak lupa Irwan mengajak semua komponen masyarakat untuk mendukung penuh Kades terpilih dalam rangka memaksimalkan program pembangunan di Desa.

"Mari semua bersatupadu, pererat silaturrahmi. Mari kita tatap masa depan guna membangun Desa, dibawah kepemimpinan Kades terpilih," ujar Bupati.

 



Ditegaskan Irwan, Kepada Kades terpilih, pernyataan akan merangkul seluruh masyarakat jangan hanya sekedar Lips Service tapi harus benar-benar diwujudkan, sebagaimana diucapkan dalam Sumpah Kades saat pelantikan.

"Kades harus mampu merangkul dan melayani dengan baik semua masyarakat sesuai dengan sumpah jabatan Kades. Dan juga harus mampu bersikap adil," tegas Irwan.

Pada kesempatan melantik 3 Kades di Kecamatan Rangsang Pesisir, para Kades juga menyampaikan usulan masyarakat kepada Bupati, terkait pembangunan infrastruktur prioritas dan bantuan alat pertanian serta perikanan, yang merupakan profesi mayoritas didaerah itu.

"Harapan masyarakat Tanah Merah yang mayoritas Nelayan dan Petani, meski sudah banyak yang dapat bantuan namun masih ada yang belum kebagian, begitu juga para petani Karet, Kebun Kelapa yang pengolahannya masih bersifat alami, kami butuh bantuan pupuk dan pabrik Es Mini," ujar Kades Tanah Merah.

Rusli juga meminta Pemda terus mendukung elektrifikasi di Desanya yang baru menyentuh 3 Dusun, begitu juga penanggulangan Abrasi yang juga perlu mendapat perhatian serius. "Listrik PLN sudah masuk Pak, cuma baru di tiga dusun, mohon perhatiannya," ujar Rusli.

Menyikapi keluhan itu, Bupati akan mengkoordinasikannya dengan SKPD terkait, Irwan menyarankan kepada masyarakat pengolah kebun Karet seiring tidak menentunya harga karet dipasaran, untuk menggantinya dengan tanaman Kopi dan Kakao Coklat. Dan khusus untuk petani kelapa akan segera dibangun Kilang Kelapa di Tanjung Gemuk oleh Investor dari negara tetangga.

"Jika ada lahan kosong silahkan ditanami Kopi dan Kelapa serta Kakao yang memiliki nilai ekonomi baik dan harga relatif stabil," ucap Bupati.

Bupati juga mengingatkan kepada Kades terpilih jangan membiarkan kerusakan jalan. Kerusakan jalan jangan dibiarkan jika ada jalan yang rusak segera diperbaiki, Pemerintah telah merubah anggaran desa, yang awalnya ADD hanya 400 juta, mulai tahun 2015 telah dianggarkan 1.4 Miliar perdesa. Dan dari APBN mendapat bantuan 325 Miliar ditambah lagi bantuan Provinsi. Ini semua untuk memaksimalkan proses pembangunan di pedesaan.

"Strategi anggaran yang sudah besar saat ini tolong kelola dengan baik dengan BPD dan masyarakat," ucap Bupati.

 



Dijelaskan Bupati, saat ini Pemda telah melelang beberapa ruas jalan, untuk Desa Kayu Ara akan dimulai pengerjaan dengan sistem Base, karena semenisasi hanya bisa memberikan solusi 1-2 tahun saja.

"Dengan dana yang ada dan kerjasama seluruh lapisan masyarakat, saya yakin  dalam 2-3 tahun kedepan semua jalan sudah bagus," ujar Bupati yang diikuti tepuk tangan gemuruh masyarakat.

Sekedar informasi dalam pelatikan Kades di Rangsang Pesisir itu juga dihadiri oleh Camat Rangsang Pesisir, Idris Sudin, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Drs Ikhwani MSi, Kades terpilih, BPD, Tokoh masyarakat dan lainnya. (rilis humas setda meranti)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com