Anggaran Pemilukada Serentak di Riau Sudah Tahap Pencairan

Dibaca: 1157 kali  Minggu,07 Juni 2015 | 03:30:00 WIB

 Anggaran Pemilukada Serentak di Riau Sudah Tahap Pencairan
Ket Foto :

Pekanbaru-Ketua Divisi Bidang Hukum KPU Provinsi Riau Ilham Yasir SH LLM mengatakan sampai saat ini belum ada kendala dalam proses penyelenggaraan Pilkada serentak. 
 
‘’Saat ini sudah hampir semua KPU Kabupaten/kota dalam tahap pencairan dana pemilu. PPK dan PPS sudah dilantik semua. Tinggal Rokan Hulu dan Dumai yang belum mencairkan dana Pemilu, karena NPHD sudah selesai semua. Diperkirakan pekan depan sudah cair dan mereka melaksanakan bimbingan teknis bagi PPK dan PPS,’’ sebut Ilham. 
 
Soal sosialisasi, setelah pembentukan PPK dan PPS pada 19 Mei lalu, sosialisasi sudah dilakukan sampai ke tingkat kelurahan dan desa oleh perpanjangan tangan KPU di kecamatan dan kelurahan tersebut. 
 
Ilham juga mengatakan saat ini mereka sudah sampai pada tahap menganalisasi data pemilih pada DP4. 
 
‘’DP4 ini akan diproses dengan Daftar Pemilih Pemilu Terakhir dan yaitu Pemilihan Presiden dan akan dimutakhirkan menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS) pada 1 September mendatang,’’ sebut Ilham. 
 
Dengan sistem yang ada pada KPU maka akan mencegah adanya pemilih yang tidak memilih karena tidak sampai undangan memilih kepadanya. 
‘’Soal Golput karena sistem, sistem yang ada di KPU nanti akan mempersempit kemungkinan pemilih tidak mendapatkan undangan memilih di TPS sehingga Golput,’’ kata Ilham. 
 
Soal Golput karena keinginan pemilih sendiri, Ilham mengatakan sangat kecil kemungkinan Golput dalam pemilihan kepala daerah. 
‘’Kalau Pemilihan Presiden kemarin mungkin ada yang Golput karena tidak ada calon yang jadi keinginan mereka diantara calon yang harus dicoblos, tapi kalau Pilkada, biasanya tingkat partisipasinya tinggi,’’ kata Ilham. 
 
KPU juga sudah mengantisipasi daerah rawan dalam pertemuan dengan Polda Riau dan seluruh Polres.  
 
‘’Dalam rapat bersama pihak kepolisian sudah disebutkan daerah-daerah rawan seperti perbatasan-perbatasan kabupaten/kota maupun perbatasan Provinsi Riau dengan Provinsi lainnya sehingga ini menjadi perhatian baik penyelenggara pemilihan sampai ke tingkat bawah,’’ kata Ilham. 
 
Ilham berharap seluruh bakal calon dan partai politik bisa mematuhi aturan dalam proses penyelenggaraan Pilkada serentan dan saling menjaga kondisi agar tetap kondusif. 
 
Dalam tahapan, penyerahan syarat dukungan pasangan calon perseorangan Bupati dan Walikota pada 11 sampai 15 Juni mendatang. Penelitian jumlah minimal 11 Juni sampai 18 Juni. 
 
Sementara pendaftaran pasangan calon 26 sampai 20 Juli mendatang.  ‘’Kami berharap semua pihak menjalankan proses sesuai aturan,’’ kata Ilham.(rep05/rpc)
 
Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com