Hari Lingkungan Hidup se-Dunia, BLH Meranti Lakukan Aksi Nyata

Dibaca: 1453 kali  Senin,08 Juni 2015 | 10:52:00 WIB

Hari Lingkungan Hidup se-Dunia, BLH Meranti Lakukan Aksi Nyata
Ket Foto : Ilustrasi

SELATPANJANG - Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang hanya diperingati dengan kegiatan upacara, tahun 2015 ini peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia di Kabupaten Kepulauan Meranti dilakukan dengan aksi nyata, yakni dengan kunjungan pembinaan peduli lingkungan ke sejumlah lembaga dan perusahaan.

"Peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia tanggal 5 Juni tahun ini tidak digelar dalam bentuk upacara seremonial, namun lebih dari itu kita melakukan kegiatan nyata, yakni pembinaan peduli lingkungan ke perusahaan dan lembaga," ujar Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan Meranti, Drs Irmansyah MSi, Senin (8/6).

Sasaran dalam kegiatan pembinaan tersebut, jelasnya, adalah perusahaan dan lembaga yang setiap harinya menghasilkan limbah, baik itu limbah kategori berbahaya (B3) maupun limbah non B3.

"Sejumlah perusahaan dan lembaga pemerintah yang didatangi, seperti Kantor PLN, RSUD, Puskesmas-puskesmas, Kilang-kilang sagu, sejumlah perusahaan industri dan pertambangan, termasuk sekolah-sekolah," ungkap Kaban LH.

Dalam kegiatan kunjungan pembinaan selama tiga hari itu, terang Irmansyah lagi, BLH Kabupaten Kepulauan Meranti juga sekaligus melakukan pengecekan kelengkapan izin pengelolaan lingkungan yang dimiliki oleh perusahaan dan lembaga.

"Harapan kita dari pembinaan tersebut tercipta peningkatan kesadaran dan kepedulian terhadap menjaga kelestarian lingkungan serta perbaikan pada sistem pengelolaan limbah," terangnya.

Ditambahkannya, sebagian besar perusahaan industri dan lembaga penghasil limbah telah memiliki izin atau dokumen pengelolaan limbah, namun dari segi pelaporan setiap semester (6 bulan sekali), umumnya masih belum sempurna. Kedepan diharapkan bentuk pelaporan pengelolaan limbah bisa lebih baik lagi.

"Meski umumnya telah memiliki izin pengelolaan lingkungan, namun masih banyak hal yang perlu disempurnakan seperti pelaporan terhadap pengelolaan limbah. Kegiatan pembinaan yang dilakukan kemarin bertujuan untuk menggugah masyarakat agar lebih peduli lingkungan," tutupnya. (adv)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com