Nelayan Teluk Samak Perlu Kapal Pompong

Dibaca: 3384 kali  Jumat,31 Mei 2013 | 01:59:00 WIB

Nelayan Teluk Samak Perlu Kapal Pompong
Ket Foto :

RANGSANG _ Para nelayan di Dusun 3 Desa Teluk Samak Kecamatan Rangsang yang tergabung dalam Todak Pantai mengaku sangat kesulitan bersaing dengan nelayan lainnya untuk mendapatkan tangkapan ikan.

Bahkan tak jarang hasil tangkapan tidak mampu memenuhi keperluan sehari-hari. Nahar (52) Ketua Kelompok Todak Pantai warga Jalan Ibrahim, Dusun 3, Desa Teluk Samak, Kecamatan Rangsang ditemui di Teluk Samak, mengaku bahwa dalam mencari ikan di laut mereka mengandalkan sampan dayung dengan jaring seadanya. Makanya terkadang terpikir olehnya dan 9 anggota kelompok lainnya untuk berhenti melaut.

‘’Transportasi dan peralatan kami sangat terbatas. Kalau boleh meminta kepada pemerintah, bagaimana kami diberikan kapal pompong. Sehingga kami bisa bersaing dengan nelayan lainnya dan mendapatkan tangkapan yang lebih baik lagi,’’ kata Nahar dilansir riaupos.co.id.

Menurut pria paruh baya ini saat ini hasil tangkapan ikan setiap hari rata-rata tak lebih senilai sekitar lebih kurang Rp50 ribu. Mau beralih ke profesi lain, malah dikhawatirkan akan membuat kehidupan makin sulit. ‘’Mau berkebun, kami tak punya kebun, jadi nelayan susah terus,’’ ujarnya.

Dikatakannya, pihaknya bersama 9 anggota Kelompok Todak Pantai Desa Teluk Samak sudah sepakat akan mengusulkan bantuan kapal pompong kepada pemerintah berikut alat tangkap jaring.(rep2)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com