Pilkada Serentak Terasa Hambar

Dibaca: 893 kali  Jumat,04 Desember 2015 | 12:32:00 WIB

Pilkada Serentak Terasa Hambar
Ket Foto : Ilustrasi

JAKARTA – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak di 269 daerah tinggal menghitung hari. Namun, Direktur Eksekutif Respublica Political Institute, Benny Sabdo merasa gelaran Pilkada kali ini terkesan hambar.

Benny mengatakan pesta demokrasi yang biasanya penuh kesemarakan itu hilang pada Pilkada tahun ini salah satunya dikarenakan Pasal UU Nomor 8 Tahun 2015, di mana pasangan calon dilarang memproduksi alat peraga kampanye secara pribadi.

Menurut Benny, UU Pilkada baru memang memiliki pendekatan baru dengan lebih membatasi kampanye yang bersifat pembangunan citra di ruang publik dan lebih mengedepankan kampanye di ruang privat berupa dialog, sarasehan, pertemuan terbatas, dan blusukan.

"Namun sayangnya pendekatan ini gagal direspons oleh tim sukses para calon kepala daerah," tegas Benny, Kamis (3/12/2015).

Benny mengungkapkan kembali bahwa para calon kepala daerah sebagian besar masih miskin gagasan kampanye. Mereka, rata-rata tidak memiliki strategi kampanye yang jitu.

"Politik dan strategi, bagaimana kedua hal ini dapat berjalan beriringan. Sebuah pertanyaan yang berulang kali diajukan para politikus dan partai," ucap Benny. (okz/rep02)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com