BPKP dan KPK Minta Inspektorat Diberdayakan Cegah Korupsi APBD

Dibaca: 1110 kali  Jumat,04 Desember 2015 | 12:12:00 WIB

BPKP dan KPK Minta Inspektorat Diberdayakan Cegah Korupsi APBD
Ket Foto : Ilustrasi

PEKANBARU - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) meminta Kantor Inspektorat Daerah diberdayakan untuk pencegahan korupsi APBD.

"Inspektorat sebagai pengawas, harus mengawasi jalannya pengelolaan dan penggunaan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) untuk mencegah terjadinya korupsi. Sebab jika fungsi pengawasan internal berjalan maka dapat menekan prilaku korupsi pejabat," ujar Deputi Kepala Bidang Pengawasan Keuangan Daerah BPKP, Dadang Kurnia kepada kepala daerah di Riau dalam sebuah acara di Pekanbaru.

Dikatakan, kewenangan inspektorat atau pengawas internal dapat menelusuri perencanaaan anggaran yang baik, dengan memastikan tidak ada anggaran dadakan atau muncul belakangan. Sebab penggunaan dana negara wajib melalui prosedur dan pada tahun berjalan pertanggungjawaban tidak bermasalah.

Terlebih lagi, sudah ada pengamatan dan peringatan dari BPKP agar lebih berhat-hati dalam menggunakan anggaran. Dadang juga meminta pejabat publik di pemerintah daerah berani melaporkan jika ada tindakan korupsi. Hal yang sama juga disampaikan pihak KPK. (slt/rep02)
 

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com