Ini Prioritas Pembangunan dalam RAPBD Riau Tahun 2016

Dibaca: 993 kali  Jumat,11 Desember 2015 | 03:24:00 WIB

Ini Prioritas Pembangunan dalam RAPBD Riau Tahun 2016
Ket Foto : Plt Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman

PEKANBARU - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman menyebutkan dalam penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2016 yang akan dilakukan pembahasannya bersama pihak legislatif mengacu pada enam prioritas pembangunan utama.

Mengenai prioritas ini disampaikannya pada saat pengajuan Nota Keuangan dan RAPBD 2016 ke DPRD Riau. Enam prioritas yang dimaksudkan oleh Plt Gubri tersebut adalah: Pertama, penguatan dan pembangunan infrastruktur.

Kedua, kata dia, yakni pengembangan budaya, olahraga, seni dan kemasyarakatan, dan ketiga adalah peningkatan sarana dan prasaranan pemantapan aparatur dan birokrasi pemrintahan.

Keempat yakni peningkatan dan pemantapan ekonomi dan daya saing. Dan kelima peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), serta yang terakhir yakni peningkatan kesejahteran rakyat.

Dikatakan juga, dalam APBD 2016, Pemerintah Provinsi Riau juga bertekad untuk fokus dalam menggunakan bidang fiskal dalam membangun infrastruktur bagi perekonomian dan meningkatkan program kesehatan bagi kesejahteraan masyarakat.

"Dalam APBD 2016, untuk anggaran Kesehatan dan Pendidikan sudah mengikuti aturan perundang-undangan yang berlaku. Anggaran pendidikan mencapai 20,54 persen atau Rp 2,321 triliun dan anggaran untuk kesehatan sebesar 10,88 persen atau Rp 1,228 triliun," sebutnya dengan merinci anggaran yang dimaksud. (mcr/rep01)
 

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com