RPJMDes Banglas 2015-2021 Tahap Finishing

Dibaca: 1321 kali  Rabu,16 Desember 2015 | 04:23:00 WIB

RPJMDes Banglas 2015-2021 Tahap Finishing
Ket Foto : Kepala Desa Banglas, Samsurizal SM SH, didampingi anggota BPD dan unsur LPMD saat rapat penyusunan RPJMDes 2015 -2021

SELATPANJANG - Pemerintah Desa Banglas bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan unsur Lembaga Kemasyarakatan lainnya masih melakukan pembahasan dalam penyusunan Dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) Banglas 2015 - 2021.

Kepala Desa Banglas, Kecamatan Tebingtinggi, Samsurizal SM SH, mengatakan Tim penyusunan Dokumen RPJMDesa itu telah di-SK-kan yang diketuai oleh Sekretaris Desa, Anwar Hasan dan Sekretaris Tim dari Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa.

"Sekarang sudah tahap finishing, sebelumnya seluruh usulan pembangunan untuk masuk RPJMDes itu sudah dibahas dalam musyawarah di masing masing Dusun yang melibatkan para Ketua RT, Ketua RW dan tokoh masyarakat setempat," ucapnya, Rabu (16/12/2015).

Dokumen yang disusun dari hasil musyawarah tingkat Dusun itu, terangnya, terdiri dari Sketsa Dusun, Kalender Musim, Bagan Kelembagaan, Pengelompokan Masalah, Penentuan Peringkat Masalah, Pengkajian Tindakan, Pemecahan Masalah, Maksud dan Tujuan dan lainnya.

"Sedangkan rencana usulan pembangunan yang dibahas meliputi unsur Penyelenggaran Pemerintahan Desa, Pelaksanaan Pembangunan Fisik di Desa, Pembinaan Kemasyarakatan Desa dan program Pemberdayaan Masyarakat, sesuai semangat Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa," terangnya.

Kades Banglas ini berharap, hasil dari penyusunan RPJMDes itu nantinya dapat menjadi acuan rencana program pembangunan setiap tahunnya di tingkat Pemerintah Desa, Daerah bahkan sampai program Pemerintah Pusat.

"Dokumen itu nantinya masih akan kami konsultasikan ke BPMPD Kepulauan Meranti, khususnya tentang penganggaran dalam Alokasi Dana Desa untuk menjadi Peraturan Desa (Perdes)," ujarnya. (rep01)
 

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com