Setelah 4 Tahun, Penduduk Miskin di Riau Kini Meningkat

Dibaca: 631 kali  Sabtu,19 Desember 2015 | 12:43:00 WIB

Setelah 4 Tahun, Penduduk Miskin di Riau Kini Meningkat
Ket Foto : Ilustrasi

PEKANBARU - Setelah selama empat tahun jumlah penduduk miskin di Riau terus menurun, namun mulai 2015 justru terus meningkat cukup signifikan, demikian data Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Riau.

"Sejak 2010-2014 persentase penduduk miskin Riau cenderung terus menurun tetapi dalam laju yang melambat bahkan tahun 2015 persentase penduduk miskin Riau meningkat menjadi 8,42 persen sedangkan nasional sedikit menurun sebesar 11,22 persen," kata Kepala Bappeda Provinsi Riau M Yafiz, dalam keterangannya di Pekanbaru, Kamis (18/12).

Ia menyebutkan itu dalam laporan evaluasi kinerja ekonomi Riau tahun 2015 dan meninjau prospek ekonomi Riau tahun 2016.

Menurut Yafiz, persentase penduduk miskin di perdesaan Riau meningkat di tahun 2015 dari 8,92 persen menjadi 9,46 persen sedangkan di perkotaan cenderung turun dari 6,90 persen menjadi 6,79 persen pada periode yang sama.

"Kemiskinan ini perlu ditekan, akan tetapi tantangan yang ada bahwa tingkat kemiskinan di Provinsi Riau cenderung akan makin sulit diatasi karena kemiskinan yang tersisa cenderung kronis dan lokasi penduduk miskin cenderung tersebar di wilayah perdesaan," katanya.

Oleh karena itu, Pemerintah terus menggiatkan penguatan pembangunan di perdesaan dan wilayah perbatasan dalam mengatasi berbagai bantuan keuangan desa dari APBD Riau sebesar Rp500 juta per desa.

Sedangkan alokasi dana desa melalui APBN diberikan untuk mendukung program penangulangan kemiskinan secara terpadu, instrumen (kelompok program), yakni penanggulangan kemiskinan, bantuan sosial, berbasis individu, rumah tangga atau keluarga.

Selain itu, penguatan pembangunan perdesaan juga dilakukan melalui program penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan kelompok masyarakat, penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan pelaku usaha mikro dan kecil serta program prorakyat lainnya untuk mendukung penanggulangan kemiskinan. (ant/rep01)
 

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com