Gelombang Ganas, BMKG Kepri Ingatkan Nelayan

Dibaca: 857 kali  Minggu,20 Desember 2015 | 11:26:00 WIB

Gelombang Ganas, BMKG Kepri Ingatkan Nelayan
Ket Foto : Ilustrasi

BATAM - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau (Kepri), memperingatkan pengguna transportasi laut dan nelayan untuk berhati-hati dengan gelombang tinggi dan arus laut yang relatif kencang di Perairan Kepri pada Minggu (20/12/2015).

"Untuk aktivitas kelautan dihimbau agar lebih berhati-hati terhadap gelombang laut yang tinggi serta arus laut yang cukup kuat terutama di wilayah Perairan Natuna dan Anambas," kata Prakirawan BMKG Batam Adhitya Prakoso.

Ia memperkirakan gelombang di Perairan Natuna dan Anambas mencapai 3,5 meter dengan kecepatan arus 85 cm per detik arah utara. Sedangkan untuk transportasi darat dan udara, BMKG mengatakan masih relatif aman. BMKG memperkirakan cuaca Kepri pada umumnya berawan dan berpeluang hujan ringan hingga lebat yang terkadang disertai petir.

Ia mengatakan terdapat daerah bertekanan udara rendah di sekitar Laut Cina Selatan, sebelah Barat Laut Pulau Kalimantan, menyebabkan banyak massa udara yang terkonsentrasi di daerah tersebut. Akibatnya, beberapa daerah di Kepulauan Riau mengalami defisit kelembapan udara yang kurang mendukung dalam proses pertumbuhan awan-awan konvektif. (ant/rep04)
 

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com