Kas Daerah Pemko Pekanbaru Kosong, Rekanan dan SKPD Mengeluh

Dibaca: 1566 kali  Senin,28 Desember 2015 | 05:36:00 WIB

Kas Daerah Pemko Pekanbaru Kosong, Rekanan dan SKPD Mengeluh
Ket Foto : Ilustrasi

PEKANBARU - Mengejutkan, kas daerah Pemerintah Kota Pekanbaru diketahui kosong dan membuat SKPD dan rekanan proyek Pemko Pekanbaru mengeluh. Kondisi ini diketahui saat Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru melakukan rapat kerja bersama Dinas Pendidikan Pekanbaru.

Rapat itu digelar Senin (28/12/2015) dalam rangka memperjelas proses pembangunan proyek multiyears Kota Pekanbaru di akhir tahun 2015 yakni pembangunan SMP Madani dan SMK Teknologi Pekanbaru.

"Hari ini kita melaksanakan rapat dengan Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru serta PT Rimbo Peraduan terkait proges pembangunan SMP Madani yang menjadi proyek multiyears oleh pemerintah Kota Pekanbaru. Namun ada beberapa kendala yang intinya dikarenakan kas daerah kosong," ungkap Ketua Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru Roni Amriel SH, usai melaksanakan rapat.

Dari paparan pihak kontraktor dalam rapat tersebut, progres pembangunan proyek SMP Madani sudah berjalan dan sudah mencapai 62 persen di akhir tahun 2015 ini.

"Sebenarnya, setelah kita melaksanakan rapat tadi, kita ingin langsung turun ke lapangan untuk melihat kondisi di lapangan. Namun karena ada perayaan natal dan tahun baru maka kunjungan ke lapangan tertunda," ujar Roni.

Memang dalam diskusi itu, jelasnya, laporan rekanan oleh pihak kontraktor serta SKPD terkait, tidak bisa dilakukan pencairan karena kas di daerah kosong. Maka pemerintah harus bisa menjelaskan kenapa kas ini bisa kosong.

"Sebenarnya hal ini tidak boleh terjadi. Padahal kewajiban rekanan atau pihak kontraktor sudah dilakukan termasuk SKPD terkait," ungkap Roni Amriel.

"Kita minta penjelasan kepada Pemko Pekanbaru kenapa kas daerah kosong, apa penyebabnya. Bagaimanapun uang pemerintah bisa mempengaruhi sektor ekonomi di Kota Pekanbaru ini. Sebenarnya hal ini jarang terjadi. Jangan sampai hal ini menjadi preseden buruk bagi Pemko Pekanbaru sendiri," pungkas Roni. (rep04)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com