*Peringatan BMKG

Pesisir Riau lebih dulu Masuki Musim Kemarau

Dibaca: 1066 kali  Kamis,31 Desember 2015 | 06:38:00 WIB

Pesisir Riau lebih dulu Masuki Musim Kemarau
Ket Foto : Ilustrasi

PEKANBARU - Badan Meteorologi dan Klimatologi dan Geofisia (BMKG) menghimbau pemerintah daerah untuk meningkatkan kewaspadaan akan terjadinya kebakaran lahan dan hutan (karlahut), karena Riau bagian Pesisir sudah memasuki musim kemarau.

BMKG memperkirakan, Provinsi Riau akan dilanda musim kemarau lebih awal, bahkan pada pekan ke dua Januari tahun 2016. Musim kemarau bakal merata melanda wilayah Riau.

Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Sugarin Slamet Riyadi Desember 2015, sudah mulai memasuki peralihan musim, terutama untuk wilayah Riau bagian pesisir seperti Dumai, Siak Pesisir, Bengkalis, Kepulauan Meranti dan Rokan Hilir.

"Bahkan tanda-tanda kemarau sudah mulai terasa dengan turunnya hujan yang tidak merata, sehingga bukan tidak mungkin riau akan dilanda kekeringan lagi, akibat curah hujan yang berkurang sehingga musim kemarau yang lebih lama dari biasanya," ucapnya.

Sugarin menghimbau kepada daerah yang rawan terjadi karlahut agar selalu waspada dengan potensi munculnya titik api atau hotspot. Sebab titik api meski tidak banyak namun sudah mulai terdeteksi keberadaannya.

Sementara akibat cuaca panas yang terjadi beberapa hari di Bengkalis, Jumat 25 Desember 2015 lalu ditemukan titik api di daerah Sungai Pakning Kecamatan Bukit Batu, diperkirakan membakar 1 hektar lahan yang sebelumnya pernah terbakar.

Kabid Damkar BPD Bengkalis, Suiswantoro mengatakan, kebakaran lahan terjadi akibat cuaca panas yang melanda daerah bengkalis pada pekan ketiga Desember 2015.

Untuk mengatisipasi terjadinya kebakaran lahan lagi, pihaknya menyiagakan kembali personil di berbagai titik dengan melakukan pantauan secara rutin. (slt/rep05)
 

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com