Toilet Ini Bisa Ubah Kotoran Jadi Energi Listrik

Dibaca: 1359 kali  Senin,11 Januari 2016 | 06:52:00 WIB

Toilet Ini Bisa Ubah Kotoran Jadi Energi Listrik
Ket Foto : Toilet Nano Membran

MERANTIONLINE.COM - Toilet Nano Membran merupakan sebuah teknologi yang tengah digodok oleh pendiri Microsoft, Bill Gates, bersama dengan Melinda Gates Foundation, untuk menyulap kotoran langsung sesaat setelah keluar menjadi energi listrik.

Proyek itu diinvestasikan pada tim ilmuwan Inggris dari Cranfield University. Rencananya, teknologi tepat guna itu akan selesai pada akhir tahun ini.

Lalu, bagaimana prosesnya? Seperti dilansir Mirror, Sabtu, 9 Januari 2016, setelah kotoran dikeluarkan, pengguna tidak perlu menyiram, seperti yang pada umumnya dilakukan.

Toilet Nano Membran memiliki rotasi yang langsung meloloskan kotoran. Lalu kotoran mengalir dan 'disambut' dengan sebuah membran khusus, yang bertugas memisahkan antara material cair dan padat.

Material cair masuk ke dalam sebuah ruangan yang berisi manik-manik hidrofolik. Sementara material padat langsung diubah menjadi energi listrik.

Toilet Nano Membran kini sudah mulai dikembangkan dan diharapkan toilet canggih itu didapat dengan harga terjangkau. (viv)
 

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com