Waspada, Pupuk Oplosan Beredar di Riau

Dibaca: 991 kali  Selasa,26 Januari 2016 | 09:38:00 WIB

Waspada, Pupuk Oplosan Beredar di Riau
Ket Foto : Pupuk Palsu

SIAK SRI INDRAPURA - Ribuan petani padi di Riau harus mulai waspada akan keberadaan pupuk palsu alias pupuk oplosan. Baru saja Jajaran Komando Resor Militer 031/WB berhasil menggagalkan upaya penyelundupan delapan ton pupuk oplosan di Kabupaten Siak, Provinsi Riau.

"Pengungkapan itu dilakukan oleh Komandan Rayon Militer Minas, Siak Kapten Infantri Girsang saat truk berisi 8 ton pupuk oplosan menunggu penadah," jelas Komandan Resor Militer 031/WB Brigjen TNI Nurendi di Pekanbaru, Selasa.

Pupuk yang dioplos terdiri dari pupuk Dolomit yang dioplos menjadi Klisrik dan pupuk merek Gurita NK menjadi KCL.

Ia menjelaskan pengungkapan pada Minggu (24/1) lalu itu berawal saat jajarannya mendapatkan informasi dari petani setempat akan maraknya peredaran pupuk oplosan di Siak.

Berawal dari laporan masyarakat itu, petugas lantas melakukan penyelidikan dan berhasil mengidentifikasi pola penyelundupan tersebut. Hasilnya petugas yang mendapatkan informasi terkait lokasi biasa pelaku bertransaksi langsung bergerak dan menemukan truk yang dimaksud.

"Dari penangkapan itu, petugas mengamankan seorang supir berinisial R," jelasnya.

Sementara itu, hasil pemeriksaan diketahui bahwa R kerap menyelundupkan pupuk oplosan itu dari Payakumbuh, Sumatera Barat ke Kabupaten Siak. "Pelaku sudah berulang kali melakukan aksi penyelundupan ini," ujarnya.

Nurendi mengatakan pihaknya akan menyerahkan R berikut barang bukti ke Kepolisian Daerah Riau untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan dan pengembangan lebih lanjut.

Dia berharap polisi dapat bekerjasama dengan baik sehingga mengungkap para pelaku yang menyebarkan pupuk oplosan tersebut.

Dia juga menjelaskan bahwa efek dari penggunaan pupuk itu sangat buruk karena berpengaruh langsung pada hasil panen petani padi. (rbc/rep02)
 

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com