BI: Perlu Ada Lembaga Pengatur Harga Wajar Properti

Dibaca: 896 kali  Minggu,21 Februari 2016 | 02:52:00 WIB

BI: Perlu Ada Lembaga Pengatur Harga Wajar Properti
Ket Foto : Ilustrasi

JAKARTA - Bank Indonesia menilai perlu adanya sebuah lembaga yang mengatur harga wajar dari kenaikan harga rumah yang terjadi di Indonesia. Hal ini, karena harga properti Indonesia dinilai semakin hari kenaikannya makin tak wajar.

Deputy Director Macroprudential Policy Departement BI, Ita Rulina mengatakan, lembaga independen seperti ini memang diperlukan untuk menyediakan data indeks harga properti di berbagai wilayah.

"Yang dibutuhkan sebenarnya bukan lembaga yang mengatur harga rumah, tetapi lembaga yang bisa menyediakan data indeks harga wajar yang dapat diakses hingga tingkat kabupaten," kata Ita di Hotel Ritz Carlton, Jumat 19 Februari 2016.

Ia mengatakan, saat ini, pihaknya hanya bisa melihat harga rumah melalui penilaian dari lembaga survei tertentu. Dia ingin ada sebuah lembaga yang menyediakan informasi harga wajar properti di berbagai wilayah.

"Untuk itu, kita harus punya lembaga yang benar-benar bisa menyediakan data yang bisa dijadikan rujukan. Dan, kemudian ada law enforcement (penegakan hukum) bahwa acuan itu harus dipakai. Jadi, semua lembaga (pengembang), dalam menentukan harga, mereka lihat dulu, semua mengacu ke situ," tuturnya. (viva)
 

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com